Home Tumbuh Kembang Anak Pentingkah Tidur Siang untuk Anak ?

Pentingkah Tidur Siang untuk Anak ?

2017-01-11 14:29:29 Pentingkah Tidur Siang untuk Anak ?

Apakah anak Bunda tidak terbiasa untuk tidur siang?

Jika iya maka mulai sekarang biasakan Si Kecil menyempatkan waktunya untuk tidur siang ya. Mengapa? Karena ada banyak manfaat tidur siang untuk Si Kecil lho !

Manfaat Tidur Siang Bagi Anak

Menurut Kim West, MD., sleep coach dari Annapolis, Maryland, yang juga adalah penulis buku The Sleep Lady Good Night, Sleep Tight:Gentle Proven Solutions to Help Your Child Sleep Well and Wake Up Happy, menjelaskan tumbuh kembang anak akan lebih optimal bila terbiasa tidur siang serta tidur nyenyak sepanjang malam. Pada saat anak sedang tidur, di dalam tubuhnya akan memproduksi hormon pertumbuhan. Manfaat hormon pertumbuhan antara lain:

1. Pertumbuhan badan (tinggi badan, terutama pada anak-anak)

2. Memperkuat tulang

3. Mengurangi lemak tubuh

4. Menambah massa otot

5. Merangsang perkembangan otak

6. Menstimulasi sistem daya tahan tubuh sehingga anak tidak mudah jatuh sakit (Prasadja, 2009).

Pada sebuah studi yang dilaporkan oleh Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine menyatakan bahwa anak dengan usia di bawah 5 tahun yang mempunyai kebiasaan tidak bisa tidur nyenyak pada malam hari (sekitar 10-12 jam) berisiko tinggi terkena obesitas. Gangguan obesitas dapat membawa ke masalah kesehatan lainnya lo Bunda, seperti diabetes dan penyakit jantung.

Hal tersebut juga didukung dengan penelitian serupa yang dilakukan Elsie Taveras, Ph.D dari Harvard. Pada penelitian tersebut dijelaskan bahwa bayi yang jumlah tidurnya kurang dari 12 jam sehari berisiko dua kali lebih besar untuk mengalami kelebihan berat badan.

 

Apakah Bunda merasakan bila anak menjadi lebih rewel dan sulit diatur ketika kurang tidur?

Robert Beckerman, M.D, dokter spesialis gangguan tidur dari Children's Mercy Hospitals and Clinics, Kansas City, Missouri menerangkan bahwa anak-anak harus mendapatkan tidur siang yang berkualitas, terutama yang memilki gangguan ADHD atau gangguan hiperaktif. Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Southern Missipi berdasarkan pengamatan dari para orang tua, melaporkan bahwa anak usia 4-5 tahun yang tidak pernah tidur siang ternyata memiliki tingkat mudah gelisah, hiperaktif yang lebih tinggi, dan depresi bila dibandingkan dengan anak yang tidur siang setidaknya seminggu sekali.

 

Tidur siang juga dapat membantu meningkatkan daya ingat Si Kecil lo ! Berdasarkan penelitian dari pakar psikologi anak, Rebecca Spencer, diketahui bahwa tidur siang penting bagi otak, untuk mengumpulkan ingatan dan pembelajaran tahap awal. Ketika anak diizinkan tidur setelah makan siang, mereka menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tugas-tugasnya yang berkaitan dengan kemampuan visual dan spasial bila dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang. Pengawasan dilakukan pada 14 anak. Mereka diminta datang ke laboratorium untuk mengungkap kinerja otaknya saat sedang tidur. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas di wilayah yang terhubung dengan aktvitas belajar dan integrasi informasi baru.  Pada tahun 2014, Spencer melakukan penelitian pada  40 anak usia prasekolah (3-5 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak usia prasekolah yang tidur siang memiliki daya ingat lebih baik sebesar 10 % daripada mereka yang tidak tidur siang.


Sumber :

http://www.parenting.co.id. Tidur Siang Bagi Anak, Ini Manfaatnya! Diakses 11 Januari 2016

Prasadja, Andreas. 2009. Ayo Bangun ! dengan Bugar karena Tidur yag Benar. Jakarta Selatan : PT Mizan Publika.

Spencer, R. Daytime Naps Enhance Learning In Preschool. 2014. Didapat dari http://umass.edu/newsoffice//article/sleep-research

Tags:

Artikel Terkait