Home Tumbuh Kembang Anak Permainan Anak Paud dan Manfaatnya Bagi Si Kecil

Permainan Anak Paud dan Manfaatnya Bagi Si Kecil

2016-12-16 11:51:03 Permainan Anak Paud dan Manfaatnya Bagi Si Kecil

Bunda, apakah anak Bunda sedang belajar di PAUD? Jika iya, maka anak Bunda pasti senang bermain aneka permainan anak PAUD yang disediakan oleh guru mereka. Sebenarnya, anak di masa PAUD ini bukan hanya bisa belajar di sekolah dengan permainan yang diajarkan. Namun  banyak permainan yang bisa diajarkan oleh Bunda sendiri dirumah. Selain untuk mengisi waktu kebersamaan dengan anak permainan ini juga bisa membantu perkembangan daya problem solving nya dan juga membantu ia untuk kreatif dan juga memiliki perkembangan motorik yang baik. 

Ketika dirumah, Bunda bisa berperan menjadi guru yang mnegajari anak aneka permainan yang memiliki banyak manfaat baginya. Apa saja permainan yang bisa Bunda ajarkan bagi si kecil?

  1. Area balok

Bisa dikatakan bahwa balok adalah peralatan yang sering digunakan untuk anak-anak di PAUD. Apalagi bagi anak yang menyukai permainan pola dramatis, maka balok kosong bisa menjadi alternatif permainan yang bukan hanya bermanfaat namun juga menyenangkan bagi anak.

Balok, mainan anak sederhana ini ternyata bukan hanya sekedar permainan biasa, melalui balok pula anak bisa belajar banyak ilmu, seperti matematika, pengetahuan alam, geometri, ilmu sosial, dan lainnya. Balok memberi kesempatan pada anak untuk memciptakan sesuatu yang ia mau dan sukai, seperti menyusunnya menjadi rumah, robot, atau mobil.

  1. Area seni

Anak biasanya menyukai hal yang berkaitan dengan seni. Contohnya saja, anak akan menyukai penggunaan cat pada kertas menempel-nempelkannya, serta memukul mukul lilin. Bermain dengan material seni bisa membuat anak bereksperimen dengan warna, bentuk rancangan, dan juga tekstur. Material ini bisa berupa; lilin, spidol, krayon, kanji dari tepung jagung, dan juga potongan-potongan kertas serta banyak lagi material seni lainnya yang bisa diperkenalkan pada anak.

Manfaat lain dari permainan seni ini adalah bisa mempengaruhi aspek perkembangan anak. Bunda, saat anak menggambar, melukis, dan memotong kertas, mereka turut bereksperimen dengan warna, garis, ukuran , dan juga bentuk. Di sini mereka banyak melakukan eksperimen yang membuat mereka makin kreatif.

Melalui permainan ini pula anak bisa mengekpresikan pikiran, perasaaan, dan juga pandangan mereka terhadap dunia di sekitar mereka.

  1. Area memasak

Memasak bisa diperkenalkan pada anak usia PAUD. Dengan demikian,anak tidak hanya belajar bagaimana makanan disajikan, namun juga bisa tahu bagaimana makanan memberi pengaruh pada kesehatan dan kebahagiaan mereka.

Beri kesempatan anak untuk berekperimen dengan makanan hingga ia bisa menjadi kreatif dan memiliki kemampuan bertahan hidup yang kuat. Bahkan bisa dikatakan bahwa memasak adalah aktivitas yang menyenangkan di kelas. Aktivitas ini juga bisa diadaptasi di rumah dengan membiarkan anak terlibat langsung dalam kegiatan memasak yang aman dan juga menyenangkan.

  1. Area pasir dan air

Anak-anak secara alamiah tertarik pada pasir dan juga air. Air bisa menyegarkan dikulit mereka. Sedangkan pasir bisa diayak dan membuat anak tertarik untuk mengeksploitasinya. Dengan menciduk air dan juga menapis pasir, anak berlatih memperbaiki keterampilan fisik mereka. Disini pula anak akan bisa mengembangkan kemampuan sosialnya saat ia bisa bermain dengan temannya yang lain.

Keempat permainan tadi adalah contoh yang bisa Bunda terapkan di rumah. Dengan demikian, maka Bunda bisa membangun ikatan emosional dengan anak dengan cara yang menyenangkan. Bunda, jadilah teman bermain bagi anak-anak, karena usia bermain mereka sangat terbatas dan tak akan pernah terulang lagi. Biarkan anak memiliki kenangan yang indah dengan Bunda yang bisa ia kenang selamanya. Selain keempat permainan tersebut, masih banyak permainan lain yang bisa Bunda kembangkan dan eksplor lebih banyak lagi.

Sumber:

Modul PLPG. Pendidikan Anak Usia Dini. Konsorsium Sertifikasi Guru 2013.

Tags:

Artikel Terkait