Home Tumbuh Kembang Anak Sttt...6 Rahasia Ini Perlu Bunda Baca Supaya Si Kecil Menjadi Anak Yang Percaya Diri

Sttt...6 Rahasia Ini Perlu Bunda Baca Supaya Si Kecil Menjadi Anak Yang Percaya Diri

2016-06-22 01:51:32 Sttt...6 Rahasia Ini Perlu Bunda Baca Supaya Si Kecil Menjadi Anak Yang Percaya Diri

Bunda menginginkan anak yang percaya diri? Ya, kepercayaan diri adalah sebuah karakter yang begitu penting bagi manusia secara umum. Pada anak-anak, kepercayaan diri akan membuat dia lebih nyaman dalam belajar maupun bermain. Untuk itulah Bunda perlu untuk “menciptakan” anak-anak percaya diri tersebut. Ingin tahu rahasia menciptakan anak percaya diri? Inilah Bunda beberapa kiatnya seperti yang dilansir dari parents magazine dalam parenting.com:


1.    Biarkan Dia Membuat Pilihan
Ketika anak Bunda mendapatkan kesempatan untuk membuat pilihan dari kecil, dia akan memperoleh kepercayaan diri. Adalah hal yang baik memberikan 2 atau 3 pilihan untuk dia bisa memilih. Contohnya, jangan menanyakan pada anak 3 tahun apa yang dia inginkan untuk makan siang, tapi tawarkan pilihan-pilihan hingga dia memilih apa yang paling dia sukai. Terbiasa memilih akan membuat dia lebih percaya pada pilihan dirinya sendiri yang berdampak pada timbulnya rasa percaya diri dalam dirinya. 


2.    Bantu Dia Lebih Optimis
Jika anak Bunda tipe yang cenderung merasa kalah karena kekecewaan, bantu dia untuk lebih optimis. “daripada mengatakan hal-hal seperti “lihatlah dia yang lebih baik”, semangati Si Kecil untuk berfikir tentang cara yang spesifik untuk meningkatkan kemampuannya sehingga dia lebih dekat ke tujuannya”, kata Karen Reivich, PhD, coauthor dari The Optimistic Child. Contohnya, ketika dia masih belum lancar membaca sedangkan teman-temannya yang lain sudah lancar membaca, jelaskan pada dia bahwa semua orang punya caranya sendiri dalam belajar dan tawarkan waktu ekstra untuk membaca dengannya. Pendekatan seperti ini akan membuat dia lebih percaya diri, Bunda. 


3.    Ajak Si Kecil Menemukan Apa Yang Dia Suka
Cobalah untuk menunjukkan macam-macam aktivitas pada Si Kecil lalu beri semangat ketika dia menemukan hal yang dia sukai, Bunda. Anak-anak yang punya passion/semangat akan merasa bangga pada hal yang dia kuasai dan akan lebih sukses di area lain dalam hidupnya. Contohnya jika anak Bunda lebih suka menggambar padahal anak-anak laki-laki di kelasnya lebih suka olahraga, semangati dia untuk tetap menggambar namn menggambar hal yang berhubungan dengan olahraga lalu menunjukkannya di depan kelas. Biarkan dia untuk mengembangkan hal positif yang dia sukai sejak kecil, Bunda. 


4.    Cari Cara Untuk Dia Bisa Membantu Orang Lain
Adalah hal yang bagus untuk anak memiliki hal yang menjadi tanggungjawabnya. Bunda dapat memintanya untuk melakukan hal yang membuat dia merasa dibutuhkan. Dia akan menyadari bahwa semua tugas membutuhkan usaha dan itu akan menjadikan dia lebih mudah untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan di masa yang akan datang.


5.    Temukan Kesempatan Untuk Dia Menghabiskan Waktu Lebih Dengan Orang Dewasa
Anak-anak suka untuk bergaul dengan teman-temannya, namun juga merupakan hal yang penting bagi mereka untuk ada dalam kelompok yang lebih bervariasi, Bunda . Menghabiskan waktu dengan orang yang lebih tua akan membuka dunia anak menjadi lebih luas. Ajak mereka untuk berani berbicara dengan orang yang lebih tua yang ada di samping Bunda misalnya. Penelitian menunjukkan bahwa mempunyai hubungan yang dekat dengan kelompok orang yang lebih luas seperti dengan guru, paman, babysitter dan orangtua dari teman akan membuat anak menjadi lebih ulet. 


6.    Fantasikan Tentang Masa Depan
Jika anak-anak sudah dapat memimpikan akan menjadi apa ketika mereka dewasa, maka mereka akan lebih percaya diri sekarang. Katakan pada Si Kecil tentang bagaimana Bunda dan orang dewasa lainnya memilih dan berusaha untuk menjadi seseorang yang mereka impikan. Si Kecil mungkin bermimpi ingin menjadi dokter atau astronot, tapi jangan mencoba untuk menurunkan ekspektasinya ya Bunda. Pun jika dia berubah pikirian, karena hal yang penting adalah dia sudah memikirkan masa depannya.

 

Itulah beberapa rahasia menciptakan anak percaya diri, Bunda. Perhatian Bunda yang penuh dengan kasih sayang akan sangat membantu mereka menjadi anak-anak percaya diri. Perhatian Bunda pada mereka adalah bentuk Cinta Bunda yang begitu mereka butuhkan di masa tumbuh kembanya saat ini. Semoga Si Kecil tumbuh sehat, cerdas, ceria karena mempunyai kepercayaan diri untuk aktif bermain dan belajar ya Bunda :) (ls)

Tags:

Artikel Terkait