Home Tumbuh Kembang Anak Berapa Lama Sih Si Kecil Boleh Bermain Gadget?

Berapa Lama Sih Si Kecil Boleh Bermain Gadget?

2016-06-22 01:45:00 Berapa Lama Sih Si Kecil Boleh Bermain Gadget?

Berapa lama Si Kecil boleh bermain gadget? Tentu hal itu menjadi pertanyaan banyak Bunda yang sudah membolehkan anaknya untuk bermain gadget. 

Perkembangan teknologi abad 21 ini tidak bisa dipungkiri membawa dampak yang besar pada anak-anak. Anak-anak yang pada jaman dahulu melakukan permainan seperti petak umpet dan kelereng, sekarang banyak yang beralih pada games-games yang ada di gadget maupun komputer. 

Berdasarkan data dari UK Ofcom, pada tahun 2012 anak berusia 3-4 tahun di Inggris menghabiskan 3 jam waktunya sehari berada di depan layar. Waktu meningkat menjadi 4 jam ketika usia mereka masuk pada usia 5-7 tahun. Pada usia 8-11 tahun, waktunya meningkat lagi menjadi rata-rata 6.5 jam. Bagaimana dengan anak usia 12-15 tahun? Mereka rata-rata menghabiskan waktu online sampai 14.9-17.1 jam dalam setiap minggu. 

 

Seperti dilansir dari dailymail dalam tempo.com, Dr Aric Sigman, seorang psikolog, menyarankan untuk tidak membiarkan anak-anak berusia 3-7 tahun untuk bermain game di layar kecil ini lebih dari setengah jam tiap harinya, Bunda .Lebih lanjut lagi, menatap ponsel terlalu lama dapat menyebabkan mata kering sehingga bisa memicu peradangan dan infeksi. Yang lebih mengkhawatirkan lagi, ponsel dapat mempengaruhi penglihatan anak-anak dalam jangka waktu panjang.

 

Ya, Bunda, anak-anak yang masih berada dalam usia 3-7 tahun harusnya tidak terpapar layar gadget terlalu lama. Negarapun ada yang menerapkan regulasi tentang berapa lama anak boleh menatap layar seperti di Amerika. Pada 2013, Departemen Kesehatan Amerika merekomendasikan anak di bawah usia 2 tahun untuk tidak sama sekali berada di depan layar. Sedangkan anak di atas usia 2 tahun dapat bersantai di depan layar maksimal hanya 2 jam dalam sehari. 

 

Yang ingin kami sampaikan adalah penggunaan gadget pada anak bisa menjadi bahaya jika tidak dilakukan pengawasan yang tepat, Bunda. Di satu sisi, gadget memang bisa juga melatih kognitifnya, namun sebenarnya melatih kognitif anak tidak harus dengan gadget, Bunda. Banyak permainan-permainan lain termasuk bermain/berpetualang di alam bebas yang dapat melatih kecerdasannya, sehingga penggunaan gadget bisa diminimalisir. Semakin sedikit waktu anak bermain gadget semakin baik. Waktu bermain gadget bisa Bunda arahkan untuk lebih menjelajah dunia sekitar dan bersosialisasi dengan orang lain. Semua itu adalah bentuk Cinta Bunda pada Si Kecil dalam menemani tumbuh kembangnya :) (ls). 

 

Referensi: 
https://gaya.tempo.co/read/news/2013/07/23/060498933/bahaya-ponsel-mengintai-mata
http://www.pcadvisor.co.uk/feature/digital-home/how-much-screen-time-is-healthy-for-children-benefits-3520917/


Tags:

Artikel Terkait