Home Cerita Bunda Si Kecil Berbakat Jadi Ilmuwan Hebat? Mari Optimalkan Kecerdasan Logikanya!

Si Kecil Berbakat Jadi Ilmuwan Hebat? Mari Optimalkan Kecerdasan Logikanya!

2016-12-30 05:48:14 Si Kecil Berbakat Jadi Ilmuwan Hebat? Mari Optimalkan  Kecerdasan Logikanya!

Dear Bunda,

Karena suatu permasalahan, Si Kecil pasti akan mencari jalan keluar, apalagi jika ia menemukan permasalahan pada hal yang sangat ia gemari. Terkadang ide-ide kreatif pun tercetus untuk menyelesaikan masalahnya. Bunda pernah menemukan hal yang demikian pada Si Kecil? ;)

Bisa jadi Si Kecil kelak akan menjadi ilmuwan loh Bunda! Apalagi jika Bunda sudah mengetahui kecenderungan yang menguasai otak kanan dan otak kiri Si Kecil, maka Bunda pun dapat mengetahui jenis kecerdasan Si Kecil.

Apabila Si Kecil senang menghitung dan ilmu pengetahuan, menyukai program komputer, memperhatikan hubungan antara perbuatan dan akibatnya, serta bertanya apapun yang ia amati, maka dapat dikatakan Si Kecil memiliki kecerdasan logika loh Bunda!

Kecerdasan logika ini dapat meningkatkan kemampuan matematika, ilmu pengetahuan, dan ketrampilan dalam penggunaan komputer, membantu Si Kecil dalam menyelesaikan masalah, Si Kecil jadi lebih paham tentang hubungan sebab akibat yang berlaku, serta bagaimana cara menyikapinya.

Wah keren ya Bunda ternyata jenis kecerdasan logika ini. Jadi mungkin saja nih jika Si Kecil jadi seorang ilmuwan. Coba deh Bunda lakukan kegiatan ini untuk membantu mengoptimalkan kecerdasan logika Si Kecil.

  1. Cerita angka

Bunda dapat mengajak Si  Kecil untuk berpetualang ke dunia angka melalui dongeng yang menarik. Gunakan angka dalam sebuah cerita akan membuat angka dan maknanya menjadi lebih berarti bagi Si Kecil.

Gunakan angka sembari meminta Si Kecil untuk membayangkannya dan Bunda dapat menggunakan jari Bunda untuk menggambarkannya. Bunda juga dapat membantu Si Kecil menggambar untuk mempermudah ilustrasinya.

  1. Permainan ular tangga

Permainan ular tangga akan menggunakan dadu yang akan membuat Si Kecil menghitung hingga ia mencapai puncaknya. Biarkan Si Kecil mengajak teman-temannya untuk bermain bersama agar permainan semakin seru.

  1. Bikin kue yuk!

Kegiatan seperti menimbang dan mengukur dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan ketika Bunda mengajak Si Kecil untuk membuat kue. Si Kecil akan lebih mudah memahami konsep berat dan ukuran melalui kegiatan tersebut.

  1. Percobaan : Kok Berubah?

Di sekitar Si Kecil, sebenarnya ada banyak peristiwa yang membuat dirinya penasaran. Bagaimana terbentuknya angin, kenapa air berbentuk encer, dari mana sumber dari warna, dan pertanyaan unik lainnya. Si Kecil pun menjadi sering bertanya dan bahkan kembali menanyakan pertanyaan yang sama meskipun Bunda sudah memberikan jawaban kepada Si Kecil.

Bunda patut berbangga loh, karena hal tersebut merupakan pertanda Si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang besar dan daya pikir yang sangat kritis. Dan jika hal tersebut tidak atau belum sejalan dengan nalarnya, Si Kecil pun akan semakin penasaran dan terpancing untuk mengajukan pertanyaan yang lebih menarik dan unik yang mungkin tidak pernah Bunda pikirkan sebelumnya.

Semua pertanyaan Si Kecil bisa jadi bukan akhir dari rasa penasarannya. Si Kecil akan semakin penasaran dan akan terdorong untuk mencari jawabannya sendiri. Nah, pada saat yang seperti inilah Bunda berperan aktif untuk membantu Si Kecil menemukan jawaban dari rasa penasarannya.

Meskipun banyak Bunda yang berfikiran bahwa kecerdasan logika adalah kecerdasan tertinggi, ternyata hal tersebut salah! Semua kecerdasan memiliki kedudukan yang sama loh Bunda. Jadi apapun jenis kecerdasan Si Kecil, itulah kelebihan Si Kecil yang harus Bunda kembangkan agar ia kelak menjadi pribadi yang membanggakan ;)

Yuk Bunda bersama kembangkan kecerdasan dan bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil dengan memberikan yang terbaik untuknya! ;)

 

 

Sumber: Kusuma, R. 2015. Setiap Anak Berhak Jenius. Jakarta: Bestari.

Tags:

Artikel Terkait

Beli Vitabumin

Nikmati kemudahan berbelanja produk Vitabumin
Beli Vitabumin di apotek terdekat Anda
Anda dapat membeli melalui LINE dengan chat ke alamat berikut

VITABUMIN

Anda dapat membeli melalui Telepon/Whatsapp/SMS ke nomor berikut
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Vitabumin dan belanja Vitabumin bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
(0274) 2724711
(Fixed Line)
0812 2954 8478
(Telp/SMS/Whatsapp)