Home Cerita Bunda Sudah Sesuaikah Tumbuh Kembang Si Kecil? Ini Yang Perlu Bunda Ketahui Tentang Tinggi dan Berat Badan Si Kecil!

Sudah Sesuaikah Tumbuh Kembang Si Kecil? Ini Yang Perlu Bunda Ketahui Tentang Tinggi dan Berat Badan Si Kecil!

2016-12-28 01:51:42 Sudah Sesuaikah Tumbuh Kembang Si Kecil? Ini Yang Perlu Bunda Ketahui Tentang Tinggi dan Berat Badan Si Kecil!

Dear Bunda,

Sebenarnya pertumbuhan dan perkembangan itu apa sih? Pertumbuhan sendiri berkaitan dengan perubahan dalam ukuran fisik seseorang. Sedangan perkembangan berkaitan dengan pematangan dan kemampuan fungsi organ. Nah, tumbuh kembang ini terjadi secara seimbang pada setiap individu, termasuk Si Kecil.

Tumbuh kembang merupakan hasil interaksi dari berbagai factor, seperti factor genetic, lingkungan, dan perilaku. Proses yang demikian bersifat individual sehingga akan memberikan hasil yang berbeda untuk setiap anak.

Pertumbuhan anak yang berbeda ini dapat disebabkan karena factor heredo konstitusional (ras, genetic, jenis kelamin, dan kelainan bawaan), hormonal (tiroid, insulin, steroid, dan hormone sex). Serta lingkungan (gizi, sosio-ekonomi, trauma, penyakit, aktivitas fisik, dan lainnya)

Penilaian terhadap pertumbuhan dapat dinilai dari pertambahan berat dan tinggi badan Si Kecil. Cara penilaian berupa pemeriksaan fisik, pemeriksaan antropometri (membandingkan umur dengan tinggi badan, berat badan, lingkar kepala, dan lingkar lengan).

 

>> Perkiraan Berat Badan
Untuk memperkirakan berat badan Si Kecil, akan lebih mudah dilakukan dalam satuan kilogram (kg). Yang menjadi patokan berupa berat badan Si Kecil ketika lahir dengan cukup bulan ya Bunda. Ketika Si Kecil memasuki usia 5 bulan, berat badannya akan 2 kali lebih berat waktu lahir. Pada usia 1 tahun, Si Kecil akan memiliki berat 3 kali dari waktu ia lahir. Dan ketika berusia 2 tahun, berat badannya menjadi 4 kali berat waktu Si Kecil lahir.

Dan tahukah Bunda? Pada masa prasekolah biasanya kenaikan berat badan Si Kecil itu rata-rata 2 kg/tahun loh. Jadi akan sangat wajar ya Bunda jika berat badan Si Kecil tidak kunjung naik pada usia tersebut, namun Si Kecil akan mengalami peningkatan tinggi badan yang cukup pesat kok Bunda ;)

 

>> Perkiraan Tinggi Badan
Untuk perkiraan tinggi badan juga dihitung berdasarkan tinggi badan Si Kecil ketika lahir dalam satuan centimeter (cm). Ketika Si Kecil berusia 1 tahun, tinggi badannya akan mencapai 1,5 kali dari tinggi badan lahir. Di saat usia 4 tahun, akan 2 kali lebih tinggi dari tinggi badannya ketika lahir. Usia 6 tahun, tinggi Si Kecil akan 1,5 kali ketika Si Kecil berusia 1 tahun.

Periode penting dalam tumbuh kembang Si Kecil yaitu pada masa balita. Pada masa ini, pertumbuhan dasar Si Kecil akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan Si Kecil selanjutnya. Jadi, Bunda wajib nih memberikan nutrisi yang lengkap untuk bantu optimalkan pertumbuhan Si Kecil :)

Masa balita, Si Kecil akan mengalami perkembangan yang sangat cepat dalam kemampuan berbahasa, kesadaran social, kreativitas, emosional dan intelegensia, hal hal tersebut akan menjadi landasan bagi perkembangan Si Kecil selanjutnya. Wah perlu perhatian ekstra nih ya Bunda untuk optimalkan perkembangan Si Kecil ;)

Perkembangan yang optimal sebenarnya sangat dipengaruhi oleh peranan lingkungan serta interaksi antara Si Kecil dengan orang sekitarnya. Usahakan interaksi social ini sesuai dengan tahapan perkembangan dan kebutuhan Si Kecil ya Bunda, termasuk ketika Si Kecil masih di dalam kandungan.

Selalu berikan yang terbaik untuk Si Kecil ya Bunda, baik dalam kebutuhan gizinya, tempat tinggal, kesehatan, rasa aman, dan stimulasi untuk belajarnya! ;)

 

 

Sumber: Kissanti, A. 2008. Buku Pintar Kesehatan & Tumbuh Kembang Anak: Panduan Mengatasi Gangguan & Penyakit yang Sering Menyerang Anak dan Cara Melejitkan Potensi Kecerdasannya. Yogyakarta: Araska.

Tags:

Artikel Terkait