Home Cerita Bunda Tips Mengajarkan Si Kecil Untuk Menghadapi Orang Asing. Sudahkah Bunda Melakukannya?

Tips Mengajarkan Si Kecil Untuk Menghadapi Orang Asing. Sudahkah Bunda Melakukannya?

2017-02-23 08:18:17 Tips Mengajarkan Si Kecil Untuk Menghadapi Orang Asing. Sudahkah Bunda Melakukannya?

Dear Bunda,

Bunda dan Si Kecil sudah pasti sering melihat orang asing di sepanjang jalan atau lingkungan mereka. Beberapa orang asing ada yang baik, namun ada juga yang berniat buruk. Bunda dapat melindungi Si Kecil dari orang asing yang berbahaya dengan mengajarkan Si Kecil tentang perilaku yang mencurigakan dari orang asing. Kemudian, Bunda dapat memberitahukan kepada Si Kecil terkait tindakan pencegahannya.

>> Siapa itu orang asing?
Orang asing merupakan orang yang bukan berasal dari keluarga yang dikenal dengan baik. Namun terkadang, Si Kecil berfikiran bahwa orang asing ini berpenampilan menakutkan seperti pada film-film. Bunda sepertinya perlu menjelaskan kepada Si Kecil nih bahwa baik tidaknya seseorang tidak hanya dinilai dari penampilannya saja. Jadi Si Kecil perlu berhati-hati kepada setiap orang yang mereka temui.

Namun, jangan pula membuat pernyataan bahwa semua orang asing itu memiliki niat yang buruk ya Bunda. Ketika Si Kecil mengalami kesulitan atau merasa terancam, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang asing juga. Oleh karena itu, Bunda dapat menyampaikan bahwa orang asing sebenarnya juga dapat dipercaya.

>> Siapa saja orang asing yang baik?
Orang asing yang baik dan aman merupakan orang-orang yang dapat dimintai tolong Si Kecil ketika mereka membutuhkannya. Bunda dapat mengarahkan Si Kecil untuk meminta tolong kepada polisi, guru, atau orang lainnya yang dapat dengan mudah dikenali ketika mereka sedang bekerja. Pastikan juga Bunda menekankan ketika Si Kecil membutuhan bantuan, maka Si Kecil harus meminta tolong ke tempat umum, misalnya kantor polisi.

Bunda dapat membantu Si Kecil mengenali orang asing yang baik dengan menunjukkan mereka ketika Bunda bepergian. Tunjukkan pula tempat-tempat yang dapat Si Kecil kunjungi ketika membutuhkan bantuan.

>> Mengenali dan menangani situasi yang berbahaya
Mungkin, cara terpenting Bunda dalam melindungi Si Kecil yaitu dengan bersikap waspada terhadap situasi yang berbahaya, terlebih jika Si Kecil bertemu dengan orang asing yang memiliki niat buruk. Bantu Si Kecil mengenali tanda-tanda peringatan dari perilaku yang mencurigakan, misalnya ketika orang asing tersebut mengajak untuk tidak mematuhi perintah Bunda, melakukan sesuatu tanpa izin, meminta Si Kecil untuk menyimpan rahasia, membuat Si Kecil tidak nyaman dengan cara apapun, atau meminta bantuan Si Kecil.

Sampaikan kepada Si Kecil bahwa orang dewasa sebenarnya tidak harus meminta anak-anak untuk membantu, dan apabila ada seseorang yang meminta bantuan Si Kecil, maka Bunda perlu meminta Si Kecil untuk mencari bantuan kepada orang lain, dan menceritakan apa yang sebenarnya terjadi.

Bunda juga perlu berbicara dengan Si Kecil terkait bagaimana mereka harus menangani situasi yang berbahaya. Misalnya dengan mengatakan tidak atau berteriak, berlari, dan segera memberitahu orang dewasa yang dipercaya tentang apa yang terjadi. Pastikan juga Si Kecil mengetahui mengapa mereka harus melakukan demikian.

>> Apa saja yang dapat Bunda lakukan?
Selain mengajarkan Si Kecil tentang bagaimana mengenali dan menangani situasi yang berbahaya, masih ada beberapa hal nih yang dapat Bunda lakukan agar Si Kecil tetap aman, diantaranya:

  1. Tahu dimana pun Si Kecil. Bunda dapat membuat peraturan bahwa Si Kecil harus meminta izin kepada Bunda sebelum melakukan sesuatu atau pergi kemana pun. Selipkan kertas di saku baju Si Kecil yang berisi nama, alamat lengkap, dan nomor telepon Bunda ketika harus pergi keluar rumah bersama Si Kecil, agar Si Kecil atau orang lain yang menemukan Si Kecil dapat segera menghubungi Bunda.
  2. Menunjukkan tempat-tempat yang aman. Tunjukkan kepada Si Kecil dimana saja tempat yang aman untuk bermain, jalan-jalan, atau tempat lain yang harus Si Kecil datangi jika mengalami masalah.
  3. Ajari Si Kecil untuk mempercayai naluri mereka. Jelaskan bahwa apabila Si Kecil merasa takut atau tidak nyaman, Si Kecil harus pergi secepat yang mereka bisa dan memberitahu orang dewasa yang terpercaya. Katakan kepada Si Kecil bahwa kadang-kadang orang dewasa dapat membuat Si Kecil tidak  nyaman, dan Si Kecil harus pergi secepat mungkin dan memberitahu orang dewasa lain apa yang sebenarnya terjadi. Yakinkan Si Kecil bahwa Bunda akan membantu Si Kecil ketika mereka membutuhkannya.
  4. Ajarkan Si Kecil untuk bersikap tegas. Pastikan Si Kecil tahu bahwa tidak apa-apa untuk mengatakan tidak untuk orang dewasa dan lari dari orang dewasa dalam situasi yang berbahaya.
  5. Mendorong Si Kecil untuk bermain dengan anak-anak lainnya. Anak-anak dengan jumlah yang banyak akan mengurangi tindak kejahatan.

Yuk Bunda, kita segera sampaikan kepada Si Kecil terkait orang asing dan cara menghadapinya. Tidak ada salahnya ya Bunda untuk mewaspadai kemungkinan apa saja yang dapat terjadi ;)

 

Sumber: ncpc.org

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar