Home Tumbuh Kembang Anak Mainan Si Kecil Yang Berantakan Kini Tak Lagi Membuat Bunda Pusing! Ayo Bantu Si Kecil Untuk Membersihan Mainannya!

Mainan Si Kecil Yang Berantakan Kini Tak Lagi Membuat Bunda Pusing! Ayo Bantu Si Kecil Untuk Membersihan Mainannya!

2017-03-02 01:57:24 Mainan Si Kecil Yang Berantakan Kini Tak Lagi Membuat Bunda Pusing! Ayo Bantu Si Kecil Untuk Membersihan Mainannya!

Dear Bunda,

Setiap anak pasti akan sangat aktif dan senang bermain ya Bunda. Terus, anak mana nih yang pinter banget buat rumah berantakan? Kami rasa hampir semua anak ya Bunda hehe dan dimana pun mereka bermain, pasti akan terlihat keceriaan mereka. Bagi Si Kecil yang senang bermain di rumah, biasanya dalam sekejap mata saja semua mainan yang Bunda bereskan sudah kembali berserakan di lantai :D

Mainan yang berserakan itu bisa saja berada di mana pun, bisa di dapur, kamar Si Kecil, ruang tamu, halaman, atau lorong tempat tidur. Mainan Si Kecil mungkin tidak sengaja rusak karena terinjak atau tertindih barang lainnya. Oleh karena itu, Bunda perlu membiasakan Si Kecil untuk belajar membereskan mainannya sendiri.

Si Kecil mungkin belum memikirkan kegiatan bersih-bersih ini ya Bunda. Namun hal ini sangat penting untuk kehidupan Si Kecil di masa mendatang. Bunda pun dapat membantu membiasakan Si Kecil untuk mencobanya agar lebih terbiasa.

>> Membatasi waktu bersih-bersih. Bunda dan Si Kecil mungkin akan merasa kelelahan apabila terus membereskan semuanya sepanjang hari. Apabila Si Kecil masih terlalu kecil, ada baiknya Bunda menunggu hingga sore atau malam untuk membereskan semuanya sekaligus. Karena Si Kecil akan cenderung terus bermain dengan berbagai mainannya hingga ia bosan. Bunda perlu menetapkan jadwal rutin dan membuatnya sebagai rutinitas sehari-hari Si Kecil. Apabila Si Kecil sudah lebih besar, Bunda akan lebih mudah untuk meminta Si Kecil membersihkan dan menyingkirkan mainannya setelah digunakan.

>> Sudut tantangan. Jika Si Kecil sedang bermain lego atau permainan teka teki lainnya, dan kemudian Si Kecil ingin melanjutkannya pada keesokan harinya, maka Bunda dapat meminta Si Kecil untuk menyingkirkannya di sudut tertentu. Bunda sepertinya perlu menyediakan sudut khusus untuk Si Kecil nih. Bunda dapat menyebutnya sebagai sudut tantangan yang harus ditaklukkan atau diselesaikan Si Kecil. Selain menjadi lebih rapi, Si Kecil pun merasa lebih bahagia karena Bunda menghormati keinginan Si Kecil untuk terus melakukannya.

>> Bekerja sama dan membuatnya menjadi lebih menyenangkan. Sepertinya tidak mungkin ya Bunda mengharapkan Si Kecil membereskan semuanya sendiri, atau sekedar membantu Bunda melakukan pekerjaan yang bisa Si Kecil lakukan. Namun sebenarnya hal itu mungkin saja loh Bunda! Bunda dapat mengubah tugas Si Kecil menjadi sebuah permainan (siapa yang lebih cepat) atau pengalaman belajar (membereskan mainan berdasarkan warna), maka Bunda akan membuat kegiatan bersih-bersih ini menjadi lebih menyenangkan.

>> Membagi pekerjaan. Apabila Si Kecil sudah berusia 3 tahun ke atas, maka sudah saatnya Si Kecil untuk membersihkan bekas permainannya dengan lebih kompleks. Bunda dapat memberitahu Si Kecil apa saja yang dapat ia lakukan.

>> Memastikan ada tempat untuk segalanya. Bunda dapat membantu Si Kecil dengan menyediakan tempat bermain dan menyimpan mainannya, seperti keranjang sampah dan rak tempat penyimpanan mainan.

Namun bagaimana pun, jangan mengharapkan kesempurnaan dari pekerjaan yang dilakukan oleh Si Kecil ya Bunda. Berikan pujian kepada Si Kecil atas apa yang ia lakukan. Mengakui apa yang telah ia lakukan dan hasilkan, mengatakan pekerjaan apa yang dapat ia lakukan, maka Si Kecil akan terus termotivasi melakukan semua kebaikan. 

Yuk Bunda kita terus dampingi dan dukung kegiatan Si Kecil hingga akhirnya ia siap menjadi pribadi yang membanggakan.

 

Sumber: whattoexpect.com

Tags:

Artikel Terkait