Home Tumbuh Kembang Anak Tips Mudah Membangun Harga Diri Si Kecil

Tips Mudah Membangun Harga Diri Si Kecil

2017-03-08 02:15:28 Tips Mudah Membangun Harga Diri Si Kecil

Bunda,

Sebuah kata positif yang Bunda berikan kepada Si Kecil adalah hadiah terindah baginya. Anak-anak yang punya self esteem (harga diri) yang tinggi selalu merasa dicintai dan punya bekal lebih untuk berkembang menjadi pribadi yang produktif dan bahagia. Untuk membantu membangun citra positif diri Si Kecil, yuk ikuti langkah berikut ini Bunda :

  1. Beri kesempatan Si Kecil untuk memilih
  • Memberi kesempatan Si Kecil untuk memilih satu hal dari beberapa hal akan membuatnya merasa dihargai sebagai pribadi. Misalnya, saat sarapan, Bunda menawarkan Si kecil hendak makan nasi atau roti. Si Kecil perlu belajar untuk membuat pilihan sederhana agar saat dewasa nanti ia sudah terlatih menentukan pilihan yang lebih sulit.
  • Jangan terlalu sering membantunya menyelesaikan pekerjannya. Bersabarlah Bunda agar Si Kecil melanjutkan pekerjaannya hingga selesai. Misalnya saat memakai seragam sebelum berangat sekolah. Bunda mungkin akan menunggu lebih lama, tapi membiarkan dia melakukannya sendiri membantunya belajar keterampilan baru. Semakin dia bertemu tantangan baru, ia akan merasa lebih kompeten dan percaya diri. Respon dari orang tua sangatlah penting. Beberapa orang tua menyusun rumahnya agar dapat dieksplorasi secara maksimum, sementara orangtua lain membatasi tempat bermain Si Kecil. Apapun caranya, orang tua harus menyediakan ruang bermain yang aman. Semakin besar kontrol dan penguasaan keterampilan seorang Si Kecil, semakin berkembang kompetensinya.
  1. Tiada orang yang sempurna
  • Bunda perlu menyampaikan sejak dini kepada Si Kecil bahwa setiap orang pasti pernah berbuat salah. Katakan padanya bahwa Bunda tidak mengharapkan Si Kecil menjadi selalu sempurna yang tidak pernah berbuat salah. Sampaikan harapan Bunda pada Si Kecil. Bunda akan sangat berterimakasih saat Si Kecil berusaha melakukan semua dengan baik.
  1. Tidak perlu membandingkan Si Kecil dengan anak lain
  • Menghargai setiap keunikan anak juga merupakan satu hadiah terindah dari Bunda untuk Si Kecil. Keunikan tiap individu bisa dilihat dari potensi, karakter, serta tahap tumbuh kembangnya.
  • Berikan tugas rumahan pada Si Kecil sesuai umurnya. Misalnya untuk melipat baju, menjaga hewan peliharaan, atau menata meja. Tugas rumahan dapat meningkatkan kompetensi mereka dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Tidak adil kan bila membandingkan Si Kecil dengan anak tetangga yang sudah bisa mencuci piring sendiri padahal umurnya lebih tua dari Si Kecil.
  • Memanggil Si Kecil dengan panggilan yang baik, bukan dengan panggilan sarkasme. Jangan pula mengabaikan perasaan Si Kecil meski hanya terlihat sepele. Ketika Bunda merasa jengkel dengan Si Kecil, tenangkan sejenak diri Bunda. Saat Si Kecil melanggar aturan, katakan padanya bahwa Bunda bukan membencinya, tapi membenci perilakunya.
  1. Ciptakan kebersamaan yang berkualitas
  • Hari Minggu adalah waktu yang tepat untuk menciptakan kebersamaan yang berkualitas. Dalam kesempatan bersama ini Bunda bisa ngobrol banyak dengan Si Kecil. Bunda bisa tahu apa yang sedang dipikirkan dan dirasakan Si Kecil.

 

Nah Bunda, keempat hal tersebut dapat Bunda terapkah untuk membangun harga diri Si Kecil. Mengapa harga diri perlu dibangun? Karena Si Kecil dengan rasa harga diri yang sehat berfikir baik tentang diri mereka sendiri, berhubungan baik dengan orang lain, berperilaku lebih tepat, dan lebih sadar akan dunia di sekitar mereka.

 

Sumber :

http://www.parents.com

Tags:

Artikel Terkait