Home Tumbuh Kembang Anak Tips & Trik Agar Anak Semangat Untuk Belajar

Tips & Trik Agar Anak Semangat Untuk Belajar

2016-12-22 09:21:18 Tips & Trik Agar Anak Semangat Untuk Belajar

Tidak ada satu orangtua pun yang tak menginginkan anaknya sukses di bangku sekolah. Oleh karena itu tidak heran jika Bimbingan Belajar kian ramai dengan anak yang dititipkan oleh orangtua mereka. Selain bimbingan belajar, sebenarnya orangtua sendiri pun bisa membantu anak dalam belajar, dengan pembiasaan yang baik dan rutin. Perlu disadari pula bahwa kebiasaan yang orangtua tanam di dalam rumah bisa membantu anak dalam belajar.

Cara mendidik anak tidaklah mudah. Hal ini disadari benar oleh para orangtua. Seringkali orang tua mendapati anak yang kesulitan dalam belajar, entah itu dalam memahami pelajaran, mengerjakan PR, sampai dengan mengerjakan tes. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa pola pembiasaan orangtua memberi pengaruh yang besar. Rutinitas tiap hari yang positif, bisa membawa anak makin aktif belajar. Sebaliknya, rutinitas yang kurang tertata dapat membuat anak mengalami kesulitan dalam belajar. Bagi Bunda yang ingin membentuk rutinitas yang positif, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

  1. Matikan televisi

Buat aturan yang baku dan harus ditaati oleh seluruh penghuni rumah. Ketika waktu belajar sudah tiba, maka matikan televsi, dan hal ini harus ditaati oleh seluruh penghuni rumah, termasuk Bunda, Ayah, Kakak, maupun Adik, agar anak lebih termotivasi untuk belajar.

  1. Membuat area khusus belajar

Tempat khusus belajar seperti kamar anak akan menunjang belajar anak. Kurangi sebisa mungkin gangguan yang ada. Lengkapi pula kamar dengan berbagai fungsi yang memaksimalkan ruangan belajar, seperti penerangan yang ideal, dan item yang menunjang belajar. Bangku maupun kursi juga menjadi material yang penting yang perlu ada dalam kamar. Selain itu, cek kembali apa yang anak butuhkan untuk belajar: seperti pensil, buku, dan aneka macam alat belajar.

  1. Aturan dan disiplin adalah kunci sukses dalam belajar

Bunda, cobalah untuk megatur segala urusan dalam rumah tangga berkenaan dengan waktu. Jadi, misalnya ketika waktu belajar datang, maka saatnya bagi anak untuk membuka buku dan PR mereka. Tips lebih lanjut untuk mengajari anak disiplin bisa bunda baca disini

  1. Ajari anak dalam belajar bukan hanya sekedar mengerjakan PR nya saja

Belajar dan mengerjakan PR adalah dua hal yang berbeda. Semangati anak untuk belajar dengan beberapa hal berikut ini:

  • Mencacat materi penting ketika anak membaca buku pelajaran
  • Pelajari cara menyaring materi yang penting
  • Belajar memahami table dan grafik
  • Belajar untuk menyimpulkan apa yang anak baca ke dalam bahasa ia mengerti
  • Belajar membuat flashcard atau kartu pengingat untuk bisa melihat rumus atau catatan penitng lainnya dengan cepat.
  1. Catatan adalah sesuatu yang penting sehingga anak perlu belajar membuatnya

Faktanya banyak anak yang belum tahu bagaimana membuat catatan yang baik untuk mengingat pelajaran mereka. Ada yang menganggap bahwa mereka harus menulis setiap kata yang guru mereka katakan. Padahal, catatan berisi sesuatu yang penting, garis besar dari satu pejaran. Maka ajari anak untuk mencatat dengan benar dan efektif.

  1. Bangun rasa percaya diri anak

Rasa percaya diri ini penting, apalagi ketika mereka menghadapi ujian sekolah atau tes. Banyak dari anak yang merasa trauma bahkan takut ketika menghadapi tes. Tugas Bunda lah untuk bisa menenangkan anak ketika tes sudah di depan mata. Buat anak tidur nyenyak atau tidur yang berkualitas pada malam sebelum tes. Beri arahan yang baik dan benar untuk mengerjakan tes, beberapa diantaranya adalah selalu rileks, dan jangan lupa untuk membawa pensil ekstra. Untuk tips lebih lengkap dalam membangun rasa percaya diri ada di artikel kami " Cara Mendidik Anak Agar Tumbuh Percaya Diri "

 

Sumber:

Child Development Institute. https://childdevelopmentinfo.com.  “Tips for Helping Kids and Teend with Homework and study Habits”. Diakses pada 20 Desember 2016.

Tags:

Artikel Terkait