Home Daya Tahan Tubuh Yuk, Ketahui Manfaat Susu Sapi Untuk Si Kecil

Yuk, Ketahui Manfaat Susu Sapi Untuk Si Kecil

2017-03-15 07:41:36 Yuk, Ketahui Manfaat Susu Sapi Untuk Si Kecil

Bunda, saat kita masih kecil, orang tua sering mengatakan “kalo kamu rajin minum susu, badanmu akan tumbuh tinggi dan menjadi kuat!”. Namun, sebagian orang justru meragukan manfaat susu sapi untuk anak-anak. Nah, apa saja sih sebenarnya kandungan nutrisi dalam susu sapi?

Menurut FAO, susu mengandung nutrisi seperti kalsium, magnesium, selenium, riboflavin, vitamin B12, vitamin D dan asam pantotenat (vitamin B5). Namun, susu sapi tidak mengandung cukup zat besi dan asam folat untuk memenuhi kebutuhan tubuh bayi.

Kadar zat besi yang rendah adalah salah satu alasan susu sapi tidak dianjurkan untuk bayi berusia kurang dari 1 tahun sehingga nutrisi ASI lah yang lebih tepat untuk mereka. Namun sebelum memberikan susu untuk SI Kecil, Bunda harus memperhatikan, apakah Si Kecil alergi pada susu atau tidak

Apa Manfaat Susu Sapi Untuk Kesehatan Si Kecil?

  1. Untuk kesehatan tulang

Ada tiga faktor utama yang berkontribusi terhadap kesehatan tulang yaitu genetika, aktivitas fisik, dan asupan kalsium yang cukup. Susu adalah sumber kalsium yang baik untuk tubuh kita.

Kalsium melindungi tubuh dari pengeroposan tulang, sakit kepala migrain, obesitas pada anak-anak dan membantu menghilangkan lemak yang tidak baik untuk tubuh.

Si Kecil perlu mendapatkan asupan kalsium dalam jumlah yang disarankan setiap hari untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah risiko kesehatan di masa depan karena kekurangan kalsium.

Dengan asupan 290 mg susu tiap hari, tubuh akan mendapat asupan kalsium yang cukup. Bunda juga dapat menyajikan keju rendah lemak yang mengandung 204 mg kalsium.

Karena susu kaya akan kalsium, maka manfaatnya dapat dirasakan untuk pertumbuhan struktur tulang serta membantu mencegah gangguan pertumbuhan tulang dan mengurangi kemungkinan patah tulang ketika terluka.

  1. Untuk kesehatan gigi

Selain menyehatkan tulang, susu melindungi permukaan email gigi terhadap zat asam. Minum susu dapat mengurangi risiko gigi kropos dan gangguan gusi.

  1. Rehidrasi

Susu mengandung jumlah air dalam kadar tertentu sehingga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi. Anak-anak yang terus aktif sangat penting untuk tetap terhidrasi. Oleh karena itu segelas susu adalah sumber daya yang besar untuk tetap terhidrasi.

  1. Mencukupi asupan vitamin

Salah satu vitamin yang terkandung dalam susu adalah Vitamin D. Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium. Vitamin D menambah kekuatan tulang dengan mempercepat pertumbuhan tulang dan mengurangi risiko tulang rapuh. Vitamin D juga mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Bolehkah Minum Susu Dicampur Madu?

Tentu saja boleh. Minum susu dan madu cukup dianjurkan karena manfaatnya yang berlipat. Minum segelas susu dicampur dengan madu setiap pagi dapat meningkatkan energi Si Kecil yang akan membuatnya terjaga di siang hari.

Susu yang kaya kalsium dan protein sangat cocok dengan madu yang bisa menguatkan imun tubuh. Madu juga bisa merangsang pertumbuhan sel tulang lebih baik karena kandungannya yang sehat.

Sementara menurut Academic Journals, perpaduan susu dan madu dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap infeksi. Meskipun madu sendiri mengandung zat antiseptik alami, namun menurut rekomendasi jurnal ini, kombinasi madu dengan susu dapat melawan infeksi yang disebabkan bakteri dengan lebih cepat.

Kombinasi susu dan madu secara langsung dapat mengurangi efek penggunaan obat kimia antibiotik dalam pengobatan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Nah Bunda, yuk mulai sekarang kombinasikan segelas susu dengan madu Vitabumin untuk menjaga kesehatan Si Kecil setiap hari !

Tags:

Artikel Terkait