Home Tumbuh Kembang Anak 3 Hal Ini Yang Mungkin Si Kecil Keluhkan Tentang Sekolahnya

3 Hal Ini Yang Mungkin Si Kecil Keluhkan Tentang Sekolahnya

2017-02-23 04:42:30 3 Hal Ini Yang Mungkin Si Kecil Keluhkan Tentang Sekolahnya

https://vitabumin.co.id/gogo-gumTahukah Bunda, bahwa Si Kecil tak selalu suka dan bahagia dengan sekolahnya? Seperti halnya kita dulu, sekolah tak selalu menjadi hal yang menyenangkan. Kadang malah menjadi hal yang membosankan.

Nah, jadi jangan heran jika anak kita juga mengalami hal yang sama ya Bunda. Anak yang mengalami masalah ini, bisa saja memendamnya dalam hati. Namun, ada juga yang meluapkannya kepada Bunda, dengan mengeluh, dan komplain.

Banyak Bunda yang menganggap remeh apa yang dikeluhkan oleh anak ini, namun sebenarnya merupakan tanda-tanda yang penting untuk segera diperbiaki agar ia mendapat hari terbaiknya di sekolah. Ada pula Bunda yang menyadari betapa pentingnya untuk segera mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada hingga membuat Si Kecil lebih nyaman dan bahagia di sekolah.

Inilah beberapa complain anak tentang sekolahnya

  • “terlalu sulit”

Banyak anak yang mengeluhkan bahwa harinya di sekolah merupakan saat yang berat baginya. Luangkan waktu untuk berbicara dengan anak, mendengar keluhannya, dan carilah bersama solusinya. Materi pelajaran tertentu bisa menjadi hal yang sulit bagi anak untuk mengikutinya. Jika anak sudah agak besar, ia bisa mengatakan atau menunjukkan bagian pelajaran mana yang sulit. Jika demikian, maka kita sebagai Bunda atau anggota keluarga lain bisa menolong anak dalam membantunya belajar.

PR maupun materi ulangan bisa menjadi momok tersendiri bagi anak, terlebih jika materinya tersebut cenderung sulit dan susah baginya. Solusi belajar yang mudah lainnya adalah mencari teman belajar untuk Si Kecil, bisa teman sekolahnya atau mungkin tutor yang bisa menemaniya mengerjakan PR atau belajar materi yang ia anggap sulit.

Namun jika anak usianya masih dini hingga ia belum bisa menjelaskan apa yang ia hadapi dan membuatnya kesulitan, maka Bunda bisa menemui gurunya secara langsung dan menanyakan apa yang membuat anak kesulitan dalam belajar.

  • “aku tidak suka guruku”

Bukan hanya masalah pelajaran yang sering dikeluhkan oleh anak, namun masih banyak hal lain yang ia keluhkan pada Bundanya. Salah satunya adalah tentang gurunya.

Tidak semua guru membuat kelas menyenangkan dan nyaman untuk siswanya. Ada pula guru yang membuat anak menjadi tidak betah di kelas.

Kenapa demikian? Bisa saja, sang guru terlalu banyak memberikan tugas pada siswanya, atau bisa saja, caranya ia berinteraksi dengan siswanya dengan cara yang kurang menyenangkan.

Jika yang membuat anak tidak menyukai gurunya adalah karena banyak PR, maka Bunda bisa menghadapinya dengan berbicara pada anak, bahwa ia tak perlu menyukai segala sesuatu di sekolah.

Namun, jika ada masalah personal yang dihadapi seorang anak, maka bicaralah pada sang guru atau pihak sekolah. Pendekatan ini akan menunjukkan pada Bunda permasalahan ini dari sudut pandang sang guru, hingga Bunda bisa mendapat penjelasan dan pemahaman tentang apa yang sebenarnya terjadi.

  • “aku bosan”

Meskipun sekolah adalah tempat yang memiliki banyak cerita dan juga pengalaman, tetapi anak juga bisa juga merasa bosan ketika di kelasnya. Setidaknya akan ada sedikit rasa bosan yang bisa dialami anak di sini. Saat anak merasa bosan, maka untuk mengatasi masalah ini kita bisa mengecek kehidupan sekolah anak. Apakah semuanya sudah seimbang antara pelajaran skeolah dengan  lingkungan pergaulannya. Bisa jadi tak memiliki teman di sekolah sehingga membuatnya merasa bosan.

 

Sumber:

http://www.parents.com/. “4 Complaints Kids Havre About School (and How to Combat Them)”. Diakses pada 21 Februari 2017.

Tags:

Artikel Terkait