Home Tumbuh Kembang Anak Agar Tidak Bosan Di Rumah, 9 Permainan Seru Ini Bisa Bunda Lakukan Dengan Si Kecil Lho !

Agar Tidak Bosan Di Rumah, 9 Permainan Seru Ini Bisa Bunda Lakukan Dengan Si Kecil Lho !

2017-01-07 06:09:38 Agar Tidak Bosan Di Rumah, 9 Permainan Seru Ini Bisa Bunda Lakukan Dengan Si Kecil Lho !

Saat cuaca sedang hujan deras dan berpetir, Si Kecil jadi tidak bisa keluar rumah untuk bermain. Namun, jika tidak melakukan apa-apa, Si Kecil bakalan bosan. Main gadget terus-terusan pun tidak baik untuk perkembangannya. Lantas alternatif apa yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu kosongnya di rumah?

Bunda bisa ajak Si Kecil lakukan 7 kegiatan ini agar Si Kecil tidak bosan di rumah :

1. Berkemah di Kamar

Berkemah adalah kegiatan yang seru, tapi jika sedang hujan deras maka tidak mungkin berkemah di luar rumah bukan? Bunda bisa berkemah juga lho di rumah ! Caranya Bunda bisa dirikan tenda dan mengatur kamar tidur anak jadi area perkemahan yang asyik. Jika tidak ada tenda, Bunda bisa buat tenda sederhana dengan menutup meja makan dengan taplak, selimut, atau sprei. Kemudian Bunda dan Si Kecil bisa "berkemah" di bawah kolong meja makan tersebut.

2. Bertanding Balon Tenis

Permainan ini mudah dibuat. Siapkan piring yang berbahan kertas atau sterofoam, sendok plastik, dan balon. Untuk raket, rekatkan sendok plastik ke bagian bawah piring. Bunda bisa menggunakan balon yang sudah ditiup untuk dijadikan bolanya. Sekarang sudah siap digunakan untuk pertandingan tenis balon dan Si Kecil !

3. Membuat Jalur Dengan Selotip

Bunda bisa mengatur ruang keluarga menjadi "arena balap". Jalur yang dibuat tidak harus selalu mulus dan lurus, tapi bisa juga berkelok dan naik turun, melewati sofa, kolong meja,  dan kursi. Lintasan siap dipakai untuk mobil-mobilan mini Si Kecil ! :)

4. Bermain Balok Busa

Permainan ini menggunakan balok yang dapat membantu mengembangkan daya kreativitas, kecekatan, dan mengenalkan anak dengan ilmu fisika ketika menyusun balok. Bagaimana jika tidak ada balok kayu? Gunakan saja balok busa. Bunda bisa membuatnya dari busa atau sponge yang berwarna-warni.

5. Mencari Harta Karun

Permainan ini sebenarnya cukup sederhana. Letakkan beberapa benda kecil, misalnya kancing, klip kertas,jepit rambut, pita ke dalam sebuah botol plastik lalu isi dengan beras. Kocok-kocok botol tersebut sampai tercampur. Si Kecil berperan sebagai pencari harta karun di dalam botol, tanpa membuka botolnya. Si Kecil dapat mengocok botol untuk menemukan harta karun yang dicari dan mencocokkannya dengan data harta karun yang sudah disiapkan sebelumnya.

6. Apa ini? Apa itu?

Siapkan sebuah kantung kain dan isi dengan beberapa jenis mainan. Bunda dapat memberikan tema dari mainan tadi, seperti alat transportasi, alat masak, tumbuh-tumbuhan, dan lain-lain.  Tantang Si Kecil untuk menebak jumlah mainan yang ada di dalam kantong dengan merabanya, baik dari dalam kantung atau luar kantung, namun Si Kecil harus menutup matanya. Permainan ini memerlukan daya ingat dan kemampuan untuk menghubungkan informasi sensor anak dengan pengetahuannya tentang bentuk mainan yang sedang dia pegang.

7.Bermain Detektif

Perkenalkan Si Kecil pada sebuah benda, lalu sembunyikan benda terserbut. Tantang Si Kecil untuk menemukan benda yang disembunyikan tadi. Berikan dia petunjuk untuk dapat lebih dekat dan menemukan benda tersebut. Permainan interaktif ini melatih anak untuk mengembangkan kemampuan perencanaannya. Si Kecil harus menghubungkan petunjuk verbal dari Bunda serta menghubungkannya dengan apa yang dia lihat di sekitarnya, juga menyesuaikan rencana dengan bertambahnya informasi yang Si Kecil dapat dari Bunda.

8. Bermain Peran

Bunda dan Si Kecil dapat bermain peran seperti di sebuah drama. Si Kecil ditugaskan untuk memerankan karakter dan menyesuaikan dialog  dengan keadaan serta plot yang berkembang. Permainan ini dapat melatih daya ingatnya dan pengendalian diri serta membuat anak harus bisa berfikir secara fleksibel. Peran yang diambil tidak perlu yang sulit seperti peran yang ada di pentas pertunjukan. Permainan peran antara dokter-pasien atau polisi-penjahat pun cukup mengasah fungsi eksekutif anak.

9. Menggambar dan Mewarnai

Saat Si Kecil menggambar dan mewarnai, mereka diharuskan untuk berkonsentrasi. Dalam kegiatan ini, mereka harus menyeimbangkan antara anggota tubuh, pikiran dan perasaan mereka secara bersamaan. Dengan begitu, anak-anak akan memahami bagaimana mereka menggunakan kekuatan otaknya dalam mengerjakan aktivitas ini.

Sekarang Bunda tak perlu bingung mengisi waktu bersama Si Kecil di rumah. Semoga ide-ide di atas bisa menginspirasi Bunda ya :)

 

Sumber :

Gabriella, Stephanie. 2013. 7 Kegiatan Sederhana di Rumah yang Dapat Mengasah Otak Anak. https://wolipop.detik.com. Diakses 6 Januari 2017

https://id.theasianparent.com. 7 Permainan Anak Paling Seru untuk Dimainkan di Rumah. Diakses 6 Januari 2017

Tags:

Artikel Terkait