Home Tumbuh Kembang Anak Berikut Cara Ampuh Menangani Anak Rewel Yang Tidak Banyak Diketahui Para Bunda

Berikut Cara Ampuh Menangani Anak Rewel Yang Tidak Banyak Diketahui Para Bunda

2016-12-16 16:01:47 Berikut Cara Ampuh Menangani Anak Rewel Yang Tidak Banyak Diketahui Para Bunda

Apakah Bunda sering mengidentikkan anak rewel dengan anak bandel? Padahal anak memiliki alasan sendiri kenapa ia tiba-tiba menangis atau rewel. Balita khususnya adalah masa dimana rewel seringkali muncul dan siap membuat Bunda kalang kabut, apalagi saat berada di situasi yang penting, misalkan bertamu atau bertandang ke acara penting. Untuk mengatasi hal ini, maka kita perlu jadi Bunda cerdas yang tahu cara-cara ampuh mengatasi situasi ini.

Bunda, seperti dikutip dari theasianparent.com, maka berikut ini ada 5 hal yang bisa Bunda lakukan jika anak rewel ketika berada di situasi yang berbeda-beda:

  1. Ditinggal ibu

Bagi ibu yang bekerja, anak rewel mungkin sudah menjadi santapan sehari-hari. Layaknya anak pada umumnya si kecil tidak mau ditinggalkan oleh ibunya untuk bekerja, sehingga ributlah rumah pada pagi hari. Hal ini membuat kegiatan pergi ke kantor bagai drama setiap paginya.

Kenapa anak rewel saat ibunya hendak pergi? Pada situasi ini, anak rewel adalah sebagai akibat ia tak merasa nyaman, bisa saja anak Bunda tidak percaya dan tidak merasa nyaman bisa berada dengan pengasuhnya. Anak tentu selalu ingin berada di dekat sang ibu. Kalau sudah rewel, bagaimana Bunda cerdas mengatasinya? Pertama, ajak anak untuk melakukan suatu kegiatan dan ajak anak untuk sibuk sebelum Bunda meninggalkan anak untuk bekerja. Kegiatan ini bisa berupa bermain, mewarnai, hingga membuat fokus anak tercurah pada apa yang dikerjakannya. Kalau sudah begini, maka anak tidak akan terlalu gelisah ketika Bunda pamit untuk pergi bekerja.

  1. Bertamu

Pernahkah anak rewel saat diajak bertamu? Setiap Bunda pasti pernah mengalami situasi sulit ini. Perasaan tidak nyaman, merasa tidak sopan pada tuan rumah, hingga semuanya menjadi serba salah sering dialami Bunda saat berada di situasi ini. Untuk kasus ini, kira-kira apa alasan anak rewel? Ya, ia merasa tidak nyaman dan belum beradaptasi dengan tempat baru tersebut, hingga ia rewel sejadi-jadinya.

Tempat baru juga bisa mendatangkan perasaan terancam bagi anak, jadi, ketika ia rewel maka itu isyarat baginya utuk meminta perlindungan dari ibunya. Bagaimana cara mengatasi situasi ini? Bunda, jelaskan pada anak sebelum bertandang dan bertamu. Jelaskan pada anak seperti apa situasinya agar anak tidak kaget dengan lingkungan baru tersebut.

  1. Sakit

Bunda, ternyata rewel juga merupakan pertanda kalau anak sedang sakit lho. Jadi, jika anak tiba-tiba lesu dan juga rewel, segera periksa keadaannya. Ketika ia merasakan sesuatu yang tidak enak pada tubuhnya maka ia akan rewel.

Kalau hal ini terjadi yang Bunda lakukan adalah bersabar, karena biasanya ia baru akan reda rewelnya ketika ia merasa baikan. Jangan pasang wajah panik dan juga sedih, Bunda. Kalau bunda panik, maka bayi justru akan semakin rewel. Jadi tetap tenang dan bersabar.

  1. Naik kendaraan

Saat berada di kendaraan, tidak jarang Bunda mendapati anak tiba-tiba rewel. Kira-kira kenapa ya? Hal ini bisa disebabkan karena anak merasa jenuh karena terlalu lama berada di kendaraan. Duduk lama bisa membuat anak Bunda yangcenderung aktif merasa bosan hingga rewellah ia.

Untuk mengantisipasi hal ini, sebelum berpergian dengan kendaraan, sediakan aneka permainan yang ia suka agar ia tak bosan berada di kendaraan. Sediakan pula minuman dan juga kudapan sehat untuk menemani perjalanan bersama anak.

  1. Datang ke suatu acara

Bunda tentunya memiliki banyak acara untuk dikunjungi, mulai acara bazaar hingga acara kondangan. Dalam situasi ini, tidak jarang anak menjadi rewel hingga teriak-teriak parah. Hal ini disebabkan oleh situasi ramai yang membuat anak Bunda bingung. Apalagi jika lingkunganya cenderung asing, maka rewel bisa datang kapan saja.

Jika memang mengharuskan mengajak anak ke situasiini, maka sebaiknya tidak memaksakannya dan tunggulah saat usianya sudah agak besar hingga ia bisa membiasakan diri dengan situasi yang cenderung bising dan ramai seperti ini.

Begitulah Bunda beberapa cara untuk menenangkan anak yang rewel. Bagi Bunda cerdas, ketika anak rewel, bukan justru memarahi anak agar ia diam. Namun, pakailah jurus ampuh untuk menangani setiap situasi berbeda saat anak rewel.

Bunda, anak itu ingin dimengerti, dan Bunda sebagai orang yang paling dekat dengan anak adalah manusia yang paling dipercayai untuk melindunginya bukan untuk memarahinya. Jadi mulai sekarang, mari menjadi Bunda yang paham situasi dan perasaan setiap  anak, karena setiap ia rewel, selalu ada alasan yang melatarbelakanginya, dan tugas Bundalah untuk bisa memahami keadaan anak.

Sumber:

https://id.theasianparent.com. Accessed 2016, December 14, “5 Situasi Penyebab Balita Rewel dan Cara Mengatasinya”, by  Febby.

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar