Home Tumbuh Kembang Anak Cara Meningkatkan Konsentrasi & Daya Ingat Anak

Cara Meningkatkan Konsentrasi & Daya Ingat Anak

2016-12-24 04:06:57 Cara Meningkatkan Konsentrasi & Daya Ingat Anak

Setiap Anak, apalagi yang sudah masuk ke usia sekolah, tentu membutuhkan konsentrasi untuk bisa fokus pada pelajaran yang diberikan kepadanya. Pada anak, konsentrasi yang baik itu ternyata bisa dibangun. Anak bukan hanya butuh fokus pada tugas yang ia kerjakan, namun juga harus bisa tinggal di satu tempat dalam waktu yang lama untuk duduk di kelas dengan tenang.

Bagi setiap anak, apalagi yang baru masuk ke sekolah maka ia biasanya mengalami kesulitan dalam hal fokus dan konsentrasi. Maka tak heran jika anak Bunda sering nangis di kelas, atau berteriak-teriak sambil lari-lari keluar kelas mencari Bundanya. Beberapa faktor diantaranya yang menyebabkan anak tidak fokus adalah karena jenuh dan sudah kelelahan setelah beberapa jam duduk di kelas.

Untuk membangun konsentrasi & daya ingat anak, maka Bunda bisa mengajari anak kebiasaan tertentu hingga dia bisa meningkatkan konsentrasinya. Beberapa cara meningkatkan konsentrasi & daya ingat anak berikut ini bisa Bunda lakukan di rumah:

  1. Pahami kebutuhan psikologi anak

Kebanyakan anak dan juga remaja dapat berkonsentrasi setelah tidur 9 jam, jadi pastikan anak Bunda mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kurangi asupan gula dan tingkatkan asupan protein anak dengan salmon atau telur. Hal ini menstimulasi peningkatan dopamine untuk anak bisa berkonsentrasi lebih mudah, khususnya anak yang cenderung sering lesu. 

  1. Kurangi gangguan di dalam rumah

Buat daftar gangguan yang dapat muncul di dalam rumah, dan sebisa mungkin jauhkan gangguan tersebut dari anak, seperti suara bising, orang-orang,  pencahayaan ruangan, rasa lelah dan rasa lapar.

  1. Ciptakan mood.

Untuk menciptakan mood, Bunda bisa memainkan musik yang kalem dan menenangkan. Cara ini sudah terbukti bisa meningkatan konsentrasi anak.

  1. Perkenalkan pada anak kegiatan yang membutuhkan urutan

Ada kaitannya antara “runtutan” dengan konsentrasi, Bunda bisa memperkenalkan aneka aktivitas yang membutuhkan runtutan untuk mengerjakannya. Beberapa kegiatan tersebut, seperti membuat makanan sesuai resep, menata meja, dan meletakkan huruf alphabet sesuai urutan. Semua kegiatan ini melatih anak mengatasi kesulitan dalam hal berkonsentrasi dan juga menjadi salah satu cara meningkatkan daya ingat.

  1. Temukan tindakan apa yang paling membuat anak bisa fokus

Anak bisa lebih mendapat konsentrasi yang tinggi ketika gesture atau bahasa tangan terlibat langsung dalam suatu aktivitas atau perintah, tidak sekedar melihat atau mendengarkan. Oleh karena itu, banyak guru yang menggunakan sinyal tangan dan jari yang diletakkan dibibir untuk mengindikasikan perintah “harap diam”.

Bunda, layaknya sebuah skill, konsentrasi perlu dilatih dan ditingkatkan. Oleh karena itu, mari mulai mengenal lebih dalam tentang anak kita, salah satunya tentang bagaimana perkembangan psikologinya saat ini sehingga jika masih dirasa kurang, kita bisa memberikan bantuan pada anak.

Tags:

Artikel Terkait