Home Daya Tahan Tubuh Cara Melindungi Anak Saat Musim Hujan

Cara Melindungi Anak Saat Musim Hujan

2017-02-21 06:49:41 Cara Melindungi Anak Saat Musim Hujan

Di bulan-bulan awal, seperti Januari dan Februari, biasanya curah hujan di Indonesia masih cukup tinggi. Hujan yang mengguyur sering kali membuat Bunda khawatir. Kenapa? Karena Si Kecil yang aktif biasanya suka main di luar, dan suka mengeksplor hal baru, jadi rawan terkena hujan. Belum lagi dia harus pergi dan pulang sekolah. Kalau sudah begitu, mulailah Bunda khawatir.

Mari cari tahu dulu kenapa saat kehujanan, Si Kecil bisa sakit? (dilansir dari health.detik.com)

  • Paparan suhu dingin yang tidak biasa atau dadakan

Perubahan suhu yang mendadak bisa menurunkan sistem imun tubuh. Apalagi jika sebelumnya, kondisi daya tahannya sudah lemah, maka ketika kehujanan, resiko sakit bisa menjadi lebih tinggi.

  • Air hujan juga membuat tubuh lebih dingin

Tahukan Bunda? Ternyata air hujan bisa membuat suhu tubuh lebih dingin. Khususnya untuk bagian tertentu, seperti pada daerah kepala. Karena hal inilah, maka tubuh Si Kecil berusaha mengeluarkan energi lebih besar guna mengurangi rasa dingin akibat air hujan ini. jdi tidak heran jika si kecil mengeluh sakit kepala saat kehujanan.

  • Virus bisa menyebar lebih cepat saat musim hujan

Saat musim, terlebih saat banjir, maka virus akan lebih mudah menyebar dan menginfeksi manusia. Hingga Si Kecil mudah sakit. Dan yang paling umum dan mudah menjangkit adalah virus influenza.

  • Kandungan senyawa dalam air hujan

Hal inilah yang tidak banyak diketahui oleh Bunda. Air hujan ternyata mengandung gas-gas serta senyawa yang ada di udara, hingga membuat sifat air hujan menjadi asam. Pada saat hujan gerimis, konsentrasi asam dari gas dan senyawa tersebut justru malah makin besar. Jadi wajar saja jika Si Kecil yang terpapar hujan jadi lebih mudah sakit, meskipun ia hanya kena gerimis.

  • Tekanan udara yang rendah saat hujan

Tekanan udara yang rendah inilah yang berperan dalam membuat imunitas atau daya tahan tubuh menurun. Akibatnya, Si Kecil yang kehujanan akan mudah sakit kepala atau bahkan terkena penyakit infeksi lainnya.

 

Bunda, kini sudah tahu alasan Si Kecil mudah sakit saat musim hujan. Sekarang, saatnya Bunda memberi perlindungan pada Si Kecil agar membuatnya tidak mudah sakit lagi. Ada pula cara lain untuk melindungi Si Kecil dari resiko sakit saat hujan, yakni dengan melakukan beberapa langkah ini Bunda:

Terapkan agar si kecil tidak mudah sakit saat musim hujan

  • Perbanyak Konsumsi Vitamin

Banyak sumber dari vitamin yang bisa membuat daya tahan tubuh semakin tebal. Salah satunya dengan sayuran, dan berbagai multivitamin untuk anak. Jangan tunggu sampai Si Kecil sakit, baru diberikan asupan ini ya Bunda.

Proses pembentukan imun tubuh butuh waktu tersendiri, jadi, jauh-jauh hari harus diberikan vitamin yang cukup bagi anak.

  • Jaga Kebersihan

Di musim hujan, bakteri dan juga kuman berkembang dengan sangat leluasa karena kondisi udara yang lembab. Karena hal itulah, maka Si Kecil akan mudah sakit. Bagaimana cara mengatasinya? Jawaban yang paling efektif adalah dengan menjaga kebersihan selalu, baik lingkungan rumah, pakaian dan juga makanan.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Banyak yang mengangap remeh kehebatan minum banyak air putih. Padahal, kala musim hujan datang, konsumsi air putih bisa jadi salah satu cara untuk jadikan tubuh lebih jarang sakit.

Bagi banyak anak, mengkonsumsi air putih saja mungkin akan membuatnya bosan dan tak berselera. Alternatifnya, berikan beberapa jenis minuman lainnya yang jelas sehat dan bermanfaat, seperti air lemon yang dicampur madu, air jahe, dan juga teh hangat.

  • Konsumsi madu

Salah satu kandungan madu ialah protein yang fungsinya bisa membantu dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anak saat musim hujan. Protein di dalamnya ini mampu membangun imun dalam tubuh. Seperti penelitian yang dilakukan oleh Department of Biological Sciences, University of Waikoto, Selandia Baru yang menyatakan bahwa zat antibiotic di dalam madu mampu melawan serangan penyakit yang disebabkan karena musim hujan.

Penyakit ini contohnya saja: demam, penyakit lambung, batuk, dan juga ISPA yang lebih sering mudah menjangkiti anak.

Setelah tahu bagaimana menjaga anak terhadap penyakit yang rawan datang saat musim hujan, apakah Bunda akan menerapkannya?

Bunda, perlu diingat bahwa mencegah itu “selalu” lebih baik dari pada mengobati. Jadi jaga tubuh Si Kecil mulai dari sekarang. Karena kualitas hidupnya sekarang ini akan mempengaruhi kehidupannya di masa yang akan datang.

 

Sumber:

bidanku.com. “8 Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan”. Diakses pada 18 Februari 2017.

health.detik.com. “Kenapa Kehujanan Bisa Bikin Orang Sakit?”. Diakses pada 18 februari 2017.

bidanku.com. ‘Pilihan Nutrisi Tepat untuk Anak di Musim Hujan”. Diakses pada 18 februari 2017.

Tags:

Artikel Terkait