Home Cerita Bunda Fenomena Pertengkaran Antar Saudara. Lakukan 4 Trik Jitu Ini Agar Si Kecil Tidak Sering Bertengkar!

Fenomena Pertengkaran Antar Saudara. Lakukan 4 Trik Jitu Ini Agar Si Kecil Tidak Sering Bertengkar!

2017-01-13 05:53:43 Fenomena Pertengkaran Antar Saudara. Lakukan 4 Trik Jitu Ini Agar Si Kecil Tidak Sering Bertengkar!

Dear Bunda,

Sepertinya hal yang wajar ya Bunda jika kakak dan adiknya bertengkar hanya karena hal yang sepele. Namun, Bunda mungkin akan merasa risih karena seringnya mereka bertengkar.

Ternyata, hampir menjadi masalah semua Bunda ketika anak-anak mereka bertengkar. Seorang terapis khusus anak, Dr. Fredrick Toke, mengungkapkan bahwa kita sebagai orangtua harus mengajarkan anak-anaknya untuk bertoleransi, memiliki empati, dan tahu caranya menyelesaikan masalah tanpa mendatangkan masalah yang baru.

Jika Bunda sering menghadapi kakak dan adik yang selalu bertengkar, berikut 4 tips yang mungkin dapat Bunda lakukan.

 

  1. Menghabiskan waktu yang sama untuk setiap anak

Sangat wajar jika Si Kecil kita membandingkan perlakuan Bunda kepada saudaranya yang menurutnya tidak adil. Bunda mungkin tidak menyadari itu. Mulai sekarang, yuk Bunda habiskan waktu bersama-sama Si Kecil dengan pembagianyang adil. Tidak ada salahnya untuk menemani kakak dan adik secara bergantian dalam melakukan hobi atau rutinitas yang mereka lakukan.

Rasa cemburu dari Si Kecil akan membuat mereka saling mencari alasan untuk bertengkar. Mereka merasakan ketidakadilan karena Bunda lebih mencintai dan memilih menghabiskan waktu bersama saudaranya. Oleh karena itu, Bunda perlu menghabiskan waktu bersama untuk menghapus rasa cemburu mereka dan mempererat ikatan kekeluargaan.

 

  1. Alarm pengingat

Kami rasa, hampir semua anak-anak yang bersaudara tidak mau bergantian memakai suatu barang di rumah, misalnya mainan. Solusi yang dapat Bunda lakukan yaitu dengan memasang alarm. Tentukan waktu yang dapat mereka manfaatkan untuk menggunakan mainan yang sama, misalnya 15 menit.

Setelah alarm berbunyi, berarti 15 menit selanjutnya adalah giliran saudaranya yang lain. Setiap anak wajib menaati peraturan dan tidak boleh merebut mainan jika bukan jatah mereka untuk bermain.

Adanya alarm ini akan membuat mereka merasa mendapatkan pembagian waktu yang adil. Namun sebelum menggunakan trik ini, ada baiknya Bunda mengajak Si Kecil berdiskusi untuk menyelesaikan masalahnya dengan sikap toleransi. Apabila tidak ada yang mau mengalah, maka Bunda harus bersikap tegas dengan tidak memperbolehkan mereka untuk bermain, agar mereka dapat memahami bahwa sikapnya yang demikian dapat merugikan dirinya sendiri.

 

  1. Memberikan kode barang milik masing-masing anak

Anak-anak seringkali rebut untuk sesuatu yang tidak jelas. Misalnya kakak yang mempeributkan botol minumannya yang dipakai adik. Untuk mengatasinya, Bunda dapat memberikan kode tertentu pada setiap barang Si Kecil. Misalnya botol minuman kakak berwarna merah dan botol minuman adik berwarna biru.

Pemberian kode ini dapat menumbuhkan rasa empati pada diri Si Kecil dengan sesamanya. Mereka akan mengerti bagaimana perasaan orang lain jika barangnya direbut atau dipakai.

 

  1. Memilih program TV yang baik untuk Si Kecil

Tidak semuanya tayangan TV baik ditonton Si Kecil loh Bunda! Pastikan Si Kecil tidak menonton acara TV yang negatif atau mengandung kekerasan. Pada masa pertumbuhan, Si Kecil berperan sebagai peniru yang mudah dipengaruhi oleh apa yang mereka lihat dan dengar, termasuk tayangan TV.

Misalnya, kakak memukul adiknya hingga menangis. Bukan karena adik mengganggu kakak, namun kakak mengatakan bahwa ia ingin seperti superhero di program TV yang kemarin ia tonton.

Apabila Si Kecil ingin menonton suatu program di TV, pastikan Bunda menontonnya terlebih dahulu sebelum mengizinkan Si Kecil untuk menontonnya. Bisa saja program tersebut tidak baik dan dapat memberikan pengaruh negatif terhadap pertumbuhan Si Kecil

Keempat tips diatas sepertinya dapat dilakukan nih Bunda. Terkadang ketika mereka beranjak dewasa, pertengkaran itulah yang mereka rindukan, termasuk Bunda, selama pertengkaran di batas wajar ya Bunda. Yuk Bunda selalu dampingi tumbuh kembang Si Kecil ;)

 

 

Sumber: Kissanti, A. 2008. Buku Pintar Kesehatan & Tumbuh Kembang Anak. Yogyakarta: Araska.

Tags:

Artikel Terkait

Beli Vitabumin

Nikmati kemudahan berbelanja online produk Vitabumin
Beli Vitabumin di apotek terdekat Anda
Anda dapat membeli melalui LINE dengan chat ke alamat berikut

VITABUMIN

Anda dapat membeli melalui Telepon/Whatsapp/SMS ke nomor berikut
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Vitabumin dan belanja Vitabumin bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)