Home Tumbuh Kembang Anak Jenis Kegiatan Yang Bisa Membangun Kedekatan Bunda Dengan Si Kecil

Jenis Kegiatan Yang Bisa Membangun Kedekatan Bunda Dengan Si Kecil

2017-01-18 07:06:26 Jenis Kegiatan Yang Bisa Membangun Kedekatan Bunda Dengan Si Kecil

Sesibuk apapun Bunda sebagai orangtua, tentu tak boleh melepaskan komunikasi dengan anak. Disadari atau tidak, pola komunikasi dengan orangtua bisa sangat berpengaruh pada ikatan diantara Bunda dan anak. Terlebih lagi, untuk komunikasi interpersonal atau antarpribadi yang secara sederhananya bisa dilihat dalam komunikasi dalam keluarga.

Semua Bunda ingin anaknya tumbuh menjadi pribadi yang sehat dan bahagia, namun tidak semua tahu bagaimana mewujudkannya. Ya, salah satunya adalah dengan komunikasi interpersonal dengan orangtua. Kualitas hubungan dan komunikasi akan menentukan kualitas kepribadian dan moral anak. Hubungan dekat dan akrab adalah salah satu kunci pendidikan moral anak.

Salah satu komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi yang sifatnya integrative, dimana ayah, Bunda, dan anak terlibat disatu pembicaraan yang menyenangkan. Jangan menggunkaan komunikasi yang sifatnya dominative, dimana hanya ayah atau bunda saja yang menguasai topik pembicaraan.

Menurut eJournal Ilmu Komunikasi 1 (3), disebutkan beberapa bentuk komunikasi interpersonal antara orangtua dan anak:

  1. Menciptakan lingkungan yang penuh dengan penghargaan, dan kesempatan bagi anak untuk mandiri
  2. Mengembangkan pola komunikasi positif
  3. Menyediakan aturan yang harusnya konsisten dengan batas-batas yang jelas pada setiap aturannya
  4. Menyediakan aktivitas yang turut mendukung penguasaan anak terhadap keterampilan yang harus dikuasainya.
  5. Membuat anak mengembangkan perasaan mampu
  6. Penekanan pada pentingnya belajar bagi anak.

Setiap Bunda pasti ingin menciptakan perilaku positif bagi anaknya. Jika komunikasi ini berhasil diterapkan, maka beberapa perilaku ini bisa diperoleh anak untuk  bekalnya di masa depan nantinya:

  1. Mandiri
  2. Disiplin
  3. Percaya diri
  4. Terbuka
  5. Kreatif
  6. Bertanggung jawab

Untuk menciptakan  pola komunikasi inilah, Bunda butuh kegiatan atau aktivitas yang positif yang bisa dilakukan dengan anak. Banyak lho kegiatan  yang bisa dilakukan, yang memberi kesempatan untuk berkomunikasi sambil membantu anak membangun berbagai karakter positif dan moralnya. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa Bunda dan anak lakukan bersama:

  1. Membacakan cerita sebelum tidur untuk anak. Bacakan cerita favorit anak saat ia beranjak tidur.pada saat membacakan cerita ini, sisipi dialog dengan anak. Tanyakan pendapatnya tentang karakter tokohnya. Ajak ia berimajinasi kira-kira apa yang akan dilakukan oleh si tokoh.
     
  2. Piknik bersama. Sesekali, jangan hanya makan dengan anak di dapur atau di meja makan, Bunda, ambil keranjang piknik, dan kemasi bekal, lalu ajaklah anak untuk berjalan-jalan, bersantai ria dan piknik. Kegiatan ini pun bisa mendekatkan si kecil dan Bunda. Dan di saat inilah, Bunda dan anak bisa berkomunikasi lebih intens dan lebih luas kesempatannya, karena tidak akan ada gangguan, seperti halnya video game atau televisi.

 

 

Sumber:

Rio Ramadhani. 2013. “Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak dalam Membentuk Perilaku Positif Anak pada Murid SDIT Cordova Samarinda”. eJournal Imlu Komunikasi 1(3): 112-121.

http://www.parents.com. PARENTS. “20 Activities to Do with Your Family This Weekend”. Cynthia Hochswender. Diakses pada 17 Januari 2017.

Tags:

Artikel Terkait