Home Tumbuh Kembang Anak Manfaat Pelukan orang tua bagi perkembangan psikologi anak

Manfaat Pelukan orang tua bagi perkembangan psikologi anak

2016-12-28 04:53:46 Manfaat Pelukan orang tua bagi perkembangan psikologi anak

Ada satu rahasia yang bisa membuat anak bahagia, nyaman, dan berkembang secara sisi emosional dan psikologisnya, yaitu dengan satu pelukan dari Bundanya yang bisa menjadi ekspresi kasih sayang orangtua pada anak.

Kenapa begitu?

Yuk belajar bersama di sini tentang ajaibnya manfaat pelukan seorang Bunda terhadap perkembangan anak!

Dilansir dari modernmom.com, dikatakan bahwa dari hasil penelitian Scientific American, bahwa anak yang hidup dalam panti asuhan memiliki perbedaan pada level hormon mereka dibanding dengan anak-anak yang tinggal dengan orangtua mereka. Beberapa hormon ini adalah hormon cortisol, stress hormone yang cenderung lebih  tinggi dimiliki anak yang hidup di panti asuhan dibanding dengan anak yang setiap hari mendapat kasih sayang orangtua.

Ternyata waktu kebersamaan dengan orangtua menjadi faktor untuk membangun anak yang sehat secara psikologi. Untuk itulah Bunda, di saat berharga di usianya sekarang ini, mari ungkapkan cintamu dengan kata-kata dan pelukan. Tidak harus menunggu momen-momen tertentu untuk menyatakan cinta ini. pastikan bahwa anak  merasa dicintai setiap hari.

Dengan memberinya pelukan, maka Bunda juga mengajarinya mengungkapkan kasih sayang kepada sesama. Bisikkan pula kata cinta saat Bunda memeluk anak.

Saat menyambutnya dari bangun tidur, saat ia mau berangkat sekolah saat ia tertawa gembira kegirangan karena jadi juara, saat ia tersandung dan terjatuh hingga menangis, saat ia ingin bermanja-manja dengan Bunda, bahkan saat mengantar ia tidur kembali, selalu iringi harinya dengan pelukan untuk menyatakan cinta Bunda pada sang anak. Momen-momen ini akan sangat berharga dan Bunda rindukan, karena tidak selamanya kita akan bersama dengan anak. Kala waktunya tiba, perpisahan dengannya akan terjadi, entah itu karena ia  bersekolah, bekerja, menjadi dewasa, menikah dan membangun keluargnya sendiri.

**

Bunda, tahukah bahwa pelukan adalah bahasa yang paling sederhana untuk menyatakan cinta dan kasih sayang?

Pelukan bisa dimengerti oleh semua orang yang menggunakan bahasa yang berbeda. Pelukan adalah  bahasa universal. Bahkan bagi bayi dan anak yang belum mengenal bahasa pun, mereka akan tahu tanda cinta dari Bundanya dengan memberinya pelukan yang penuh kehangatan dan juga kasih sayang orangtua. Di Amerika bahkan ada hari memeluk nasional yang kemudian menjadi hari yang diperingati secara internasional.

Sementara itu, Bunda, dalam  sumber lain, yang dilansir dar familyshare.com, seorang penulis Amerika, dan seorang psikoterapist, Virginia Satir mengatakan bahwa pelukan diperlukan untuk membuat manusia bisa bertahan. Kita membutuhkan 8 pelukan setiap hari untuk bertahan. Sedangkan untuk bertumbuh kita butuh 12 pelukan.”

Nah, Bunda sudah berapa kali  Bunda memeluk si Kecil hari ini?

 

Sumber:

www.modernmom.com.It’s Science: The Benefit of Hugging Your Child Often”. Nurse Elaine, diakses pada 27 Desember 2016.

familyshare.com. “Why It’s Important to Hug and Talk to Your Children”. Becky Lyn Rickman, diakses pada 27 Desember 2016.

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar