Home Tumbuh Kembang Anak Mengapa Si Kecil Perlu Air Putih Yang Cukup? Ternyata Ini Jawabannya!

Mengapa Si Kecil Perlu Air Putih Yang Cukup? Ternyata Ini Jawabannya!

2017-03-29 06:32:45 Mengapa Si Kecil Perlu Air Putih Yang Cukup? Ternyata Ini Jawabannya!

Bunda,

Air menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan. Bagi tubuh Si Kecil, air dapat membantu mengatur berat badan, dan bahkan mencegah gigi berlubang. Kebanyakan anak mungkin akan lebih suka rasa manis dari teh, rasa segar dari jus buah, atau rasa gurih dari susu. Namun ada diantara Si Kecil yang kurang suka dengan rasa tawar air putih. Padahal air putih memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan manusia, terutama tubuh Si Kecil. Air dapat memperlancar pencernaan, membantu mencegah sembelit, dan sangat penting untuk sirkulasi darah. Air juga membantu transportasi nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh, bantal sendi dan melindungi organ serta jaringan, juga membantu mengatur suhu tubuh, dan memelihara elektrolit (natrium) dalam tubuh.

Berapa Jumlah Air Yang Diperlukan Tubuh Si Kecil?

Anak-anak membutuhkan jumlah air yang sama seperti orang dewasa yakni sekitar 1 liter untuk setiap 1.000 kalori yang mereka keluarkan. Namun, Bunda tidak perlu khawatir dengan angka. Bunda hanya perlu menawarkan minum setelah ia terlalu aktif bermain. Menurut Joel Steinberg, MD, seorang profesor pediatri di University of Texas Southwestern Medical Center, Dallas, rasa haus bisa menjadi panduan Bunda memberikan si kecil air minum. Sumber lain menyebutkan, untuk anak-anak dan remaja, kebutuhan air harian bervariasi sedikit dan tergantung pada beberapa faktor, termasuk usia dan tingkat aktivitas. Untuk total asupan air, para ahli merekomendasikan bahwa anak-anak hanya membutuhkan air yang sedikit. Anak berusia 1-3 tahun membutuhkan sekitar empat cangkir air minum sehari-hari. Untuk anak-anak 4-8 tahun, lima cangkir dianjurkan sehari. Setelah anak-anak mencapai 9 tahun, kebutuhannya berbeda berdasarkan jenis kelamin. Untuk anak laki-laki 9-13 tahun membutuhkan delapan gelas air setiap hari, sedangkan anak perempuan membutuhkan sekitar tujuh gelas tiap hari.

Kapan Si Kecil Perlu lebih Banyak Air?

Saat cuaca sedang panas, Si Kecil perlu lebih banyak air. Karena air membantu mengontrol suhu tubuh. Hal itu merupakan garis pertahanan pertama terhadap penyakit yang berhubungan dengan panas seperti kelelahan, radang tenggorokan, demam, dan dehidrasi. Kelelahan karena panas terjadi ketika tubuh kehilangan terlalu banyak air melalui keringat. Diantara gejala yang ditunjukkan diantaranya lemas, rasa cemas yang berlebihan, dan keringat yang mengucur deras. Untungnya, kondisi ini jarang terjadi pada anak-anak di bawah 12 tahun, tetapi bisa terjadi pada anak-anak yang banyak bermain di luar dan lupa untuk minum.

Air Dapat Menjaga Berat Badan Si Kecil

Bunda, diantara manfaat air yang lain adalah untuk menjaga berat badan Si Kecil. Di Amerika, 15 persen anak-anak usia sekolah disana mengalami kegemukan atau obesitas, dimana obesitas adalah kondisi yang sering menyebabkan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes. Maka Bunda perlu mulai mengajarkan Si Kecil pola hidup sehat dengan minum air putih dan jus alami. Menurut sebuah penelitian yang telah diterbitkan di Journal Obesity, minum 500 ml air sebelum makan dapat membantu kita menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Penelitian ini diterapkan kepada orang-orang dewasa yang memiliki masalah obesitas untuk melihat apakah minum air sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan seseorang. Dan hasilnya, kelompok yang diminta untuk minum air tercatat mendapatkan penurunan berat badan hingga 9 pon atau sekitar 4,3 kg dibanding kelompok yang tidak diminta untuk meminum air.

 

Tips Agar Si Kecil Suka Minum Air Putih

  1. Berikan gelas yang lucu

Menempatkan air putih pada gelas atau botol minuman dengan bentuk kartun misalnya, dapat menarik perhatian Si Kecil untuk minum. Biasanya bila ia suka dengan bentuk lucu botol air minumnya, ia akan membawanya kemanapun ia pergi.

  1. Jangan biasakan minum minuman manis

Minuman pertama yang harus Bunda kenalkan kepada Si Kecil setelah susu adalah air putih. Jangan manjakan Si Kecil dengan minuman manis seperti sirup atau minuman kaleng. Karena minuman tersebut mengandung pemanis buatan yang hanya menyediakan kalori ‘kosong’ untuk Si Kecil.

  1. Tawarkan minum saat ia terlihat lelah bermain

Jangan menunggu Si Kecil minta minum, Bunda. Bunda bisa menawarkan minum pada Si Kecil bila ia terlihat capek atau mengeluarkan keringat berlebih agar ia terhindar dari dehidrasi.

 

Sumber :

http://www.parents.com

http://kidshealth.org

Tags:

Artikel Terkait