Home Tumbuh Kembang Anak Meningkatkan Fungsi Otak Si Kecil dengan Madu

Meningkatkan Fungsi Otak Si Kecil dengan Madu

2017-03-30 10:48:34 Meningkatkan Fungsi Otak Si Kecil dengan Madu

Dear Bunda,

Telah lama khasiat madu kita ketahui untuk meningkatkan fungsi tubuh seperti sistem imunitas dan energi. Namun tahukah Bunda, bahwa madu juga dapat meningkatkan fungsi otak Si Kecil? Meminum satu sendok makan madu asli sebelum tidur dapat meningkatkan fungsi kinerja otak. Sebab fruktosa madu mampu memberi energi cadangan pada hati dan bekerja pada otak semalaman. Tak heran, jika madu dipercaya sebagai penambah energi para atlet zaman Yunani kuno selama acara olimpiade.

Secara medis, madu mengandung lebih dari 70 materi yang berbeda-beda, dimana madu merupakan sumber terpenting zat-zat gula alami. Selain itu, madu juga mengandung sebagian enzim yang dapat membantu dalam proses metabolisme dan pencernaan. Berbagai penelitian telah mengungkap khasiat madu untuk meningkatkan fungsi otak diantaranya :

  1. Madu Dapat Meningkatkan Memori Si Kecil

Dalam Journal of the Argentine Chemical Society, Vol. 96, no. 2, 2008 sebuah studi di Argentina menyimpulkan bahwa madu membantu dalam membangun dan mengembangkan sistem saraf pusat anak-anak dan bisa mengurangi kecemasan, meningkatkan memori dalam belajar, dan meningkatkan kinerja intelektual mereka di kemudian hari.

  1. Madu Menghindarkan Otak dari Demensia

Penelitian selama lima tahun dilakukan mulai 2003 hingga 2008 oleh University of Babylon, College of Medicine, Irak untuk mengetahui manfaat madu dalam mencegah penurunan kognitif dan demensia. Demensia bukanlah sebuah penyakit namun merupakan suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan pada otak. Demensia ditandai dengan terganggunya mental seseorang yang menyebabkan gangguan berpikir dan hilang ingatan. Sebanyak 2.893 subjek, semua berusia 65 tahun dipilih secara acak untuk dipelajari. Subyek yang dipilih sebanyak 2290 subyek sehat dan 603 subyek dengan beberapa penurunan kognitif ringan. Para peneliti dari studi ini menyimpulkan bahwa mereka yang minum madu setiap hari memiliki kemungkinan yang kecil terkena dementia. Hal ini dikarenakan madu memiliki zat antioksidan alami dan sifat terapeutik yang mampu mencegah penurunan kognitif dan demensia dan meningkatkan sistem kolinergik otak dan sirkulasi.

Mike McInnes dari Isoactive di Edinburgh, U.K, yang menulis tentang Hibernasi Diet, mencatat bahwa demensia berhubungan dengan usia tua, tetapi ini mungkin bisa terjadi di masa kanak-kanak. Mike lebih lanjut menjelaskan bahwa demensia terjadi karena kualitas tidur yang buruk dan kurangnya penyediaan energi bagi otak. Untuk mengatasi ini, ia menyarankan untuk mengkonsumsi madu sebelum tidur. Otak kita membutuhkan energi ketika sedang tidur. Ketika sumber makanan tidak tersedia, otak seperti mengalami puasa. Namun ketika mengkonsumsi madu sebelum tidur, ia bertindak sebagai sumber bahan bakar untuk otak dan membantu dalam meningkatkan memori.

  1. Madu Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Pada tahun 2011, sebuah penelitian selama 16 minggu dilakukan oleh Universiti Sains Malaysia menemukan bahwa wanita pasca-menopause yang rajin mengkonsumsi madu menunjukkan perbaikan dalam konsentrasi dan daya memori langsung. (Menopause: The Journal of The American Utara Menopause Society, Vol 18, 2011).

Nah Bunda, bertambah lagi ya pengetahuan kita tentang khasiat madu untuk Si Kecil. Pantas saja ya bila Si Kecil tiba-tiba mulai sering lupa dimana ia menaruh sepatu atau tas, bahkan ia tidak mengingat pelajaran tadi pagi yang diajarkan guru di sekolahnya. Ternyata penyebabnya karena Bunda lupa memberikannya madu di pagi hari. Ketika memori otak melemah, gejala yang ditunjukkan adalah sulit mengingat peristiwa di masa lalu atau bahkan peristiwa yang baru saja terjadi. Ambilah sesendok madu sebagai home remedies yang bermanfaat untuk seluruh anggota keluarga bila anggota keluarga Bunda menunjukkan tanda-tanda menurunnya memori mereka.

 

Sumber :

http://www.benefits-of-honey.com

https://www.peashealth.com





 

Tags:

Artikel Terkait