Home Cerita Bunda Pagi Hari Tidak Lagi Sepanik Dulu! Lakukan Ini Untuk Mempersiapkan Si Kecil Pergi Ke Sekolah Yuk Bunda!

Pagi Hari Tidak Lagi Sepanik Dulu! Lakukan Ini Untuk Mempersiapkan Si Kecil Pergi Ke Sekolah Yuk Bunda!

2017-03-25 03:21:36 Pagi Hari Tidak Lagi Sepanik Dulu! Lakukan Ini Untuk Mempersiapkan Si Kecil Pergi Ke Sekolah Yuk Bunda!

Dear Bunda,

Apa yang dilakukan di pagi hari itu berpengaruh kepada aktivitas seharian loh Bunda! Apabila Bunda mampu mempersiapkan pagi hari yang menyenangkan dan tenang untuk Si Kecil, maka dipastikan Si Kecil juga akan memiliki perasaan senang selama seharian di sekolahnya.

Namun sayangnya, anak-anak belum mengerti tentang pembagian waktu seperti halnya orang dewasa. Sehingga, hal ini pun akan berdampak pada pagi harinya. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, namun juga untuk anggota keluarga yang lain.

Oleh karena itu, Bunda perlu nih perasaan yang tenang ketika pagi hari untuk membantu Bunda merasa positif dalam menyambut hari. Nah, cara yang paling ampuh untuk mengurangi kekacauan di pagi hari yaitu dengan membuat jadwal atau rutinitas sebelum berangkat ke sekolah. Bunda dapat menempelkan jadwal pagi tersebut di kamar Si Kecil atau bagian rumah yang sering dilewati. Hal ini akan membantu Si Kecil mengatur waktunya dan mengingatkan Si Kecil apa yang harus mereka lakukan.

Berikut beberapa tips yang dapat Bunda lakukan agar pagi hari Bunda berjalan lancar :

>> Persiapan malam hari sebelumnya

Langkah pertama sebelum Bunda melakukan rutinitas Bunda di pagi hari yaitu mengaturnya sedemikian rupa agar Bunda tidak bingung dan melakukannya lebih terstruktur sesuai dengan rencana. Beberapa hal sebenarnya juga dapat Bunda dan Si Kecil lakukan nih pada malam sebelumnya. Berikut beberapa tipsnya Bunda

  1. Mencoba mencari tahu dan mengingat aktivitas apa yang akan terjadi di sekolah keesokan harinya. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan apa saja yang dapat Bunda sediakan untuk Si Kecil.

  2. Memilih menu bekal makan siang dan menata meja sarapan untuk esok hari. Sarapan merupakan salah satu makanan yang paling penting di pagi hari. Sarapan akan membantu Si Kecil untuk berkonsentrasi dalam belajar.

  3. Membuat kesepakatan. Bunda mungkin tahu bahwa esok hari pasti akan timbul masalah, misalnya Si Kecil yang tidak ingin sarapan, atau enggan memakai sepatu selain sepatu sekolah. Pada malam harinya, Bunda perlu menjelaskan kepada Si Kecil nih bahwa semua orang memiliki kesibukan masing-masing pada pagi hari, terutama Bunda. Jadi, Bunda dapat meminta Si Kecil untuk lebih mandiri.

  4. Kalender pengingat. Sepertinya Bunda perlu banget nih kalender pengingat ini dan diletakkan di tempat yang biasanya Bunda lewati. Isinya dapat berupa pengingat apa saja yang perlu dibawa Si Kecil setiap minggunya, misalnya baju olahraga, buku yang harus dikembalikan, rapat orangtua wali, atau agenda lainnya.

>> Kesibukan pagi hari

Keadaan yang terburu-buru biasanya dapat meningkatkan stress bagi semua orang ya Bunda, terkadang Bunda sendiri tidak mampu menyediakan waktu khusus untuk Bunda. Gapapa ya Bunda demi keluarga :D

Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda dapat melakukan tips berikut.

  1. Alarm. Sepertinya sangat penting ya Bunda untuk memasang jam alarm untuk Si Kecil yang kesulitan bangun pagi. Pastikan Bunda pasangkan alarm juga sekitar 15 sampai 30 menit sebelum jam bangun Si Kecil. Istilahnya sih biar Si Kecil dapat menyesuaikan dirinya sebelum beraktivitas gitu Bund ;)

  2. Berfikiran positif dan optimis. Atasi stress Bunda di pagi hari dengan berfikiran positif dan optimis yuk Bunda. Suasana hati yang baik dan senang itu sebenarnya dapat menular ke orang sekitar loh Bunda. Untuk melakukannya sebenarnya mudah sekali Bunda, Bunda hanya perlu fokus pada perilaku positif yang telah dilakukan Si Kecil kemudian memujinya.

  3. Kerjasama. Pertama kali, Bunda perlu menanamkan ketenangan pada diri Si Kecil, kemudian arahkan tentang tugas apa yang harus mereka lakukan, selanjutnya Bunda wajib memberikan pujian apabila Si Kecil bisa diajak kerjasama. Dibutuhkan kesabaran ekstra nih Bunda untuk mengingatkan Si Kecil tentang kapan dan apa saja yang harus mereka lakukan. Oleh karena itu, Bunda sepertinya perlu membuat daftar kegiatan atau bagan yang disertai gambar yang menjelaskan aktivitas yang harus dilakukan Si Kecil di pagi hari.

  4. Tanggung jawab. Bagi Si Kecil yang sudah lebih besar (atau sekitar umur 8 tahun), Bunda dapat meminta dan mendorong SI Kecil untuk melakukan semuanya sendiri, misalnya mengenakan pakaian sendiri, membuat sarapan sendiri, dan mempersiapkan dirinya sendiri.

  5. Mengurangi gangguan. Pada pagi hari, Bunda wajib nih mengurangi gangguan yang dapat mengalihkan perhatian Si Kecil, misalnya TV, tablet, dan gadget lainnya.

  6. Tidak perduli. Bunda perlu mencoba untuk tidak memberikan perhatian ekstra untuk berdebat, rengekan, atau kegiatan yang dapat mengulur-ulur waktu di pagi hari dengan Si Kecil. Bahkan, perhatian Bunda dengan kegiatan Si Kecil yang negatif ini justru membuat Si Kecil terus melakukan perilaku tersebut.

  7. Membuat menjadi lebih menyenangkan. Tidak setiap pagi dihabiskan dengan sesuatu yang panik dan menyebalkan, Bunda dapat membuat semuanya menjadi lebih menyenangkan, misalnya Bunda dapat mengajak SI Kecil untuk berlomba membunyikan bel bagi siapa saja yang sudah menyelesaikan tugasnya di pagi hari. Permainan ini juga dapat membentuk perilaku disiplin Si Kecil loh Bunda.

Bagaimana nih Bunda? Sudah siap mencoba tips-tips di atas? Selamat mencoba ya Bunda! ;)
 

 

Sumber: raisingchildren.net.au

Tags:

Artikel Terkait

Belum ada komentar

Bergabung sekarang untuk memberikan komentar