Home Tumbuh Kembang Anak Perkembangan Si Kecil Usia 6-8 Tahun

Perkembangan Si Kecil Usia 6-8 Tahun

2017-03-11 08:14:55 Perkembangan Si Kecil Usia 6-8 Tahun

Saat Si Kecil sudah mulai memasuki usia sekolah, maka itu berarti ia akan mengalami perkembangan yang pesat. Bukan hanya pertumbuhan fisiknya saja yang bisa Bunda amati, namun juga perkembangannya dalam hal sosial dan emosionalnya.

Pada usia  6 hingga 8 tahun, dimana Si kecil sudah memasuki bangku sekolah, ia akan mengalami beberapa perkembangan, yakni:

  1. Bermain dan belajar

Perkembangan anak pada usia ini makin komplek. Ia sudah bisa bermain aneka games yang melibatkan aturan, dengan menentukan siapa yang kalah dan menang. Ia masih suka bermain dengan teman sepermainannya. Dengan bermain bersama ini akan meningkatkan skillnya dalam hal sosial.

  1. Feeling

Perasaan atau feeling  Si Kecil pada usia ini juga akan berkembang, yakni ia akan leih mudah merasa malu dan lebih sensitif pada pandangan orang.

  1. Pemikiran

Si Kecil pada usia ini sudah mulai memahami hubungan sebab akibat dan memahami bahwa  tindakannya bisa memberi pengaruh pada orang lain, meskipun kadang ia juga memliki perasaan mementingkan diri sendiri.

Perkembangan lain yang bisa Bunda amati pada usia ini ialah Si Kecil sudah bisa mengelompokkan suatu objek sesuai dengan ukuran, bentuk, ataupun warna. Dia sudah bisa memahami angka dan dapat memecahkan soal matematika sederhana.

  1. Komunikasi

Dalam hal komunikasi, Si Kecil bisa menerima arahan dan bahasa yang bisa mengeksplor pikiran dan perasaannya. Si Kecil pada usia ini, bisa mempelajari 20 kosa kata baru setiap harinya, sebagian besar melalui  aktivitas membaca.

Si Kecil juga sudah bisa terlibat dalam percakapan yang agak panjang, jadi Bunda harus bisa mencoba memahami apa yang ia katakan.

  1. Gerakan

Pada usia 6 tahun, Si Kecil suah bisa melakukan beberapa gerakan yang agak rumit, seperti berlari dengan zig zag, melompat, dan menangkap bola.

Skill motoriknya juga sudah terbagun dengan baik pada usia 6 hingga 8 tahun ini, hingga ia bisa menggosok gigi sendiri dan melakukan beberapa hal tanpa Bunda bantu lagi.

Tanda lain yang juga bisa menunjukkan perkembangan Si Kecil pada usia 6 hingga 8 tahun, yakni:

  • Suka menceritakan hal lucu
  • Menulis angka dan huruf secara akurat, meskipun mungkin ia masih bingung pada penulisan beberapa huruf tertentu
  • Memiliki skill yang lebih baik dalam hal membaca dibanding mengeja
  • Sudah mengerti nilai uang, menghitung, dan menabung
  • Mulai memperhatikan penampilan baju dan juga rambutnya
  • Tahu perbedaan fantasi dan realita

Lalu, bagaimana Bunda membantu Si Kecil dalam mencapai perkembangan yang optimal pada masa ini?

  • Bangun kepercayaan diri anak dengan mengenali kelebihan yang ia miliki.
  • Ajarkan pada Si Kecil bahwa tidak apa-apa membuat kesalahan. Dan mintalah ia mencoba hal yang baru.
  • Beri kesempatan pada anak untuk mengeksplor hal baru dan beajar lebih banyak.
  • Membaca bersama Si Kecil. Bunda, membaca itu sangat penting untuk membangun kelancaran bahasa Si Kecil. Cobalah meminta ia membacakan kepada Bunda sebuah buku, bisa berupa buku cerita atau buku lain yang Si Kecil miliki.
  • Mendorong Si Kecil untuk tahu bahwa selalu ada konsekuensi dari segala perbuatan, dan mereka juga harus melihat segala sesuatu dari sudut pandang orang lain. Bunda bisa bertanya padanya, “Bagaimana menurutmu perasaan Mita jika kamu melakukan perbuatan itu?”
  • Bagikan ide dan diskusikan hal penting dengan Si Kecil yang bisa pula mempererat hubungan dengan Si Kecil. Salah satunya bisa dengan mengajaknya untuk  bergabung pada perbincangan keluarga.

 

Sumber:

raisingchildren.net.au. “6-8 years: child development”. Diakses pada 7 Maret 2017.

Tags:

Artikel Terkait