Home Tumbuh Kembang Anak Tinggalkan Kesibukan Bunda, 5 Kegiatan Ini Bisa Membangun Quality Time Bersama Si Kecil

Tinggalkan Kesibukan Bunda, 5 Kegiatan Ini Bisa Membangun Quality Time Bersama Si Kecil

2017-01-17 07:06:49 Tinggalkan Kesibukan Bunda, 5 Kegiatan Ini Bisa Membangun Quality Time Bersama Si Kecil

Menjadi seorang ibu memang tugas yang berat. Ya, belum jika masih harus bekerja atau berkarir, dengan menjadi seorang ibu saja sudah cukup berat dan melelahkan.

Sering kali, kegiatan di rumah, dengan segala aktivitasnya mulai dari pagi hingga malam, membuat seorang ibu ingin cepat-cepat menuju ke tempat tidur dan melepas lelah. Setelah tidur beberapa jam, rutinitas yang sibuk sudah akan dimulai lagi, mulai dari menyiapkan sarapan, memandikan anak, menyiapkan sarapan, bekal makan siang, menyiapkan seragam sekolahnya, sepatu, dan juga PR nya, lalu, mengantarnya ke sekolah.

Setelah itu, tugas rumah sudah menunggu, seperti mengepel lantai, mencuci, membereskan rumah, menyapu halaman, merapikan kamar dan mainan si kecil, dan seabrek pekerjaan lainnya yang cukup membuat tubuh lelah. Sehari bisa terasa seminggu, dan seminggu bisa terasa sebulan. Ya, itulah yang dirasakan oleh seorang ibu.

Namun, dilain sisi, meskipun tugas seorang ibu sudahlah menumpuk, namun jangan lupa untuk mengisi kebersamaan anak dengan quality time yang berharga.

Setiap waktu yang Bunda habiskan  bersama anak adalah  berharga. Setelah seharian  ia di sekolah, bermain bersama temannya, tidur, menginap di rumah temannya, pergi camping, dan lainnya, hanya tertinggal beberapa waktu bersama Si Kecil. Coba kita hitung lagi, berapa jam lamanya yang Bunda habiskan  bersama si kecil ? Mau bagaimana pun, sesibuk apapun ibu dan padatnya kegiatan si kecil, selalu sempatkan untuk membuat agenda family time yang bisa mempererat kehangatan antara sesama anggota keluarga dalam rumah.

Namun, daripada fokus pada berapa jam yang kita habiskan dengan si kecil, lebih baik berfokus pada momen berharga apa yang sebaiknya dihabiskan bersamanya. Buat setiap momen menjadi sebuah momen yang menyenangkan dan tak terlupakan.

  1. Makan malam yang menyenangkan

Makan malam bersama seluruh anggota keluarga memang momen yang spesial. Anak akan lebih suka Bunda menyajikan suasana makan malam lebih menyenangkan dengan tema tertentu. Misalnya Bunda bisa menyajikan menu kesukaannya, seperti menu makan malam yang bertema, seperti pizza night, Chinese night, egg night, pancake night. Sesuaikan dengan menu kesukaan keluarga. Jadikan dapur dan meja makan menjadi ruang yang hangat dan menyenangkan. Anak-anak akan menyukainya dan menjadi tempat yang asyik untuk ngobrol bersama mereka.

  1. Jalan-jalan bersama si kecil

Cobaah untuk tidak membawanya jalan-jalan dengan kendaraan. Habiskan waktu yang berharga dengan berjalan-jalan dengan si kecil, misal ke minimarket, ke rumah temannya, ke taman, dan tempat-tempat yang seru. Pada momen ini, maka bisa Bunda habiskan dengan bercengkerama dengan anak. Buat dia mau bercerita tentang pengalamannya di sekolah hari ini, apakah ada hal yang menyenangkan yang terjadi. Bunda bisa bertanya sambil memegang tangan Si Kecil.

  1. Membetulkan barang bersama

Ada banyak hal sederhana yang jika diterapkan bisa membuat quality time bersama si kecil, salah satunya adalah membenahi sesuatu di rumah. Kegiatan ini bisa berupa mengecat pagar bersama, membenahi sepeda si kecil yang rusak. Hal ini pun bisa membantu ayah atau Bunda dalam mengajari anak tentang fungsi beberapa alat dan penerapannya.

  1. Main games bersama

Ketika Bunda memutuskan untuk membelikan anak video games, cobalah untuk bisa memainkannya. Dengan demikian Bunda bisa mengetahui dunia si kecil yang sebenarnya. Dan jika ada waktu bersama, sempatkan untuk bermain games ini bersama di kecil, tentu ia akan senang karena ia akan tahu bahwa Bunda bisa memahami dirinya lebih jauh. Namun, jangan lupa untuk tetap memberi batasan waktu dalam bermain ini ya Bunda. Agar si kecil tidak terlalu larut dalam dunia virtual dalam video games dan melupakan dunia realitanya.

  1. Makan es krim dan popocorn bersama

Meskipun Bunda membatasi pemberian junk food dan makanan manis pada anak, namun sesekali, menyajikan es krim atau popcorn juga akan memberi warna tersendiri bagi anak. Biar ia mengangap bahwa momen ketika makan es krim adalah momen istimewa yang tak bisa dapatkan setiap hari dan sepanjang waktu. Jadikan tradisi makan makanan spesial ini sebagai momen yang spesial, seperti family time , saat seluruh keluarga kumpul bersama.

Sumber:

http://www.parents.com. “How to Spend More Quality Time with Your Child”. Diakses pada 16 Januari 2017.

Tags:

Artikel Terkait