Home Tumbuh Kembang Anak Yuk Bunda Bantu Belajar Manajemen Waktu Si Kecil

Yuk Bunda Bantu Belajar Manajemen Waktu Si Kecil

2017-02-21 01:24:40 Yuk Bunda Bantu Belajar Manajemen Waktu Si Kecil

Dear Bunda,

Manajemen waktu sepertinya tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa saja nih Bunda, namun anak-anak juga perlu dibiasakan sejak dini. Dengan belajar manajemen waktu, Si Kecil akan mampu dan terbiasa mengatur waktunya. Waktu yang tertata dengan jadwal yang teratur akan membuat Si Kecil lebih menghargai waktu. Untuk membantu Si Kecil belajar manajemen waktu, yuk Bunda dicoba tips berikut.

  1. Prioritas

Kunci untuk mengajari Si Kecil bagaimana mengelola waktu mereka adalah dengan membantu mereka memprioritaskan sesuatu. Dalam keluarga Bunda, apa yang paling penting? Jika hal itu adalah waktu berkumpul bersama keluarga, kira-kira nih Bunda berapa lama waktu yang harus diprioritaskan? Bunda dapat mengatur bersama Si Kecil dan anggota keluarga lainnya terkait jadwal dan lamanya waktu berkumpul.

Ketika Bunda membantu Si Kecil memprioritaskan waktu mereka, Bunda berarti mengajak Si Kecil untuk berfikir tentang pentingnya memanfaatkan waktu setiap hari dengan baik, termasuk waktu bersama keluarga, belajar, kegiatan ekstra kurikuler, atau waktu untuk bermain.
 

  1. Memperhatikan bagaimana waktu dimanfaatkan

Bunda sepertinya perlu mengamati Si Kecil tentang bagaimana mereka memanfaatkan atau menghabiskan waktu mereka. Apabila mereka memiliki prioritas utama berupa nilai yang baik, namun mereka lebih sering bermain daripada belajar, maka Bunda perlu membantu Si Kecil untuk menyesuaikan jadwal mereka.

Atau jika Si Kecil memiliki banyak kegiatan namun tidak memiliki waktu bersama dengan keluarga, maka Bunda pun perlu mengingatkan Si Kecil untuk memilih beberapa kegiatan saja agar memiliki lebih banyak waktu luang untuk keluarga.
 

  1. Mempersiapkan rencana berdasarkan kalender

Bunda sepertinya perlu membelikan kalender perencaan yang dapat ditulisi Si Kecil berupa rencana, tugas, dan komitmen Si Kecil. Dan pastikan Si Kecil mengutamakan tugas dan targetan mereka terlebih dahulu.

Misalnya jika Si Kecil memiliki target dalam pekerjaan yang dapat dilakukan bertahap, maka Si Kecil perlu membaginya per hari dan menuliskan apa yang akan mereka lakukan di kalender. Pastikan Si Kecil menggunakan kalender untuk merencakan waktu ke depannya dan menetapkan tujuan mereka tanpa ada kebiasaan untuk menundanya.
 

  1. Mengatur jadwal pagi

Setiap pagi, kami menduga semua Bunda pasti sibuk ya Bunda. Oleh karena itu, Bunda perlu nih memastikan Si Kecil untuk mengatur jadwal mereka sendiri.Selain menanamkan pentingnya ke sekolah tepat waktu, Bunda juga perlu mengajarkan Si Kecil untuk bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

Apabila Bunda memiliki banyak kegiatan di pagi hari, Bunda sepertinya perlu membuat daftar apa saja yang harus dilakukan esok hari. Selain itu, menyiapkan sesuatu pada saat malam harinya juga dapat membantu Bunda meringankan pekerjaan, misalnya mempersiapkan pakaian sekolah Si Kecil, kebutuhan sekolah Si Kecil kedalam tas mereka, dan sebagainya.
 

  1. Memasang deadline

Bunda dapat mengasah rasa tanggung jawab Si Kecil dengan mengajari mereka bagaimana memenuhi tenggat waktu yang telah ditentukan (deadline). Bunda perlu mencari cara untuk meningkatkan peluang dalam mendidik Si Kecil melalui kegiatan sehari-hari.

Gunakan timer atau alarm untuk membatasi waktu Si Kecil dalam melakukan pekerjaan rumah. Jika perlu, Bunda dapat menerapkan sistem reward dan hukuman apabila Si Kecil melebihi deadline yang telah ditetapkan.
 

  1. Menjadwalkan untuk bermain ke luar rumah

Si Kecil seringkali menghabiskan waktunya dengan bermain games atau sekedar menonton TV. Namun, berapa banyak waktu yang dihabiskan Si Kecil untuk bermain di luar rumah bersama teman-temannya? Bunda sepertinya perlu mendorong Si Kecil nih bermain ke luar setiap hari untuk melakukan aktivitas fisik, seperti bermain bola, bersepeda, atau bermain bersama temannya. Jika diperlukan, Bunda membatasi waktu Si Kecil untuk bermain games atau menonton TV di waktu tertentu.

Atau, Bunda juga dapat menggabungkan aktivitas fisik dengan waktu keluarga nih. Misalnya mengajak Si Kecil dan anggota keluarga lainnya untuk bersepeda atau berenang bersama. Ajarkan kepada Si Kecil untuk mengatur jadwal mereka sendiri, bahkan untuk menjadwalkan waktu luang mereka.

Sedangkan, untuk menggabungkan langkah-langkah diatas dalam manajemen waktu Si Kecil, Bunda pun perlu membiasakan Si Kecil dalam kedisiplinan waktu. Mengajarkan Si Kecil untuk menajemen waktu tidak hanya membantu mereka berhasil di sekolah, namun juga kehidupan mereka yang mendatang.

 

Yuk Bunda, kalau tidak dimulai sekarang, mau kapan lagi? ;)

 

Sumber: familyminute.com

Tags:

Artikel Terkait